Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/01/2023, 21:31 WIB

KULON PROGO, KOMPAS.com – Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), meluncurkan Kulon Progo Tourism Calender of Event 2023 atau kalender kegiatan sepanjang 2023. 

Kegiatan-dalam kalender tersebut tidak hanya meliputi pertunjukan kesenian dan atraksi budaya, tetapi juga semua yang bertema wisata dan ekonomi kreatif.

Baca juga:

“Kulon Progo Calendar of Event menjadi media penting untuk mensosialisasikan dan mempromosikan kegiatan yang dilaksanakan oleh berbagai OPD (Organisasi Perangkat Daerah) yang ada di Kabupaten Kulon Progo, selama tahun 2023,” kata Sekretaris Daerah Kulon Progo Triyono, saat peluncuran Calendar of Event 2023 di Auditorium Taman Budaya Kulon Progo, Rabu (25/1/2023).

Dicabutnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada Desember 2022 lalu menjadi momen kebangkitan lantaran semua sektor terdampak kebijakan tersebut, termasuk pariwisata.

Peluncuran Kulon Progo Tourism Calender of Event 2023 Kulon Progo berlangsung di Auditorium Taman Budaya Kulon Progo, Rabu (25/1/2023).DOKUMENTASI KOMINFO KP Peluncuran Kulon Progo Tourism Calender of Event 2023 Kulon Progo berlangsung di Auditorium Taman Budaya Kulon Progo, Rabu (25/1/2023).

Pemerintah kemudian melakukan penataan dengan sektor pariwisata sebagai penggerak perekonomian. Pariwisata pun terdiri banyak sektor, mulai dari biro perjalanan, ekonomi kreatif, kuliner, hingga penginapan.

Oleh sebab itu, kolaborasi dan koordinasi perlu dilakukan semua pihak, terutama dari berbagai OPD, seperti Dinas Kebudayaan, Dinas Pariwisata, Dinas Koperasi UKM, Dinas Pertanian dan Pangan, serta Dinas Kominfo Kulon Progo.

Baca juga: Cara Check In di Bandara YIA Kulon Progo Yogyakarta

Tidak hanya itu, seluruh stakeholder (pemangku kepentingan) yang ada dilibatkan dalam membangkitkan kembali ekonomi pariwisata tahun 2023 dengan berbagai kegiatan.

Berbagai acara akan digelar di Kulon Progo

Triyono mengatakan, masyarakat bisa merencanakan perjalanan mereka untuk menikmati berbagai event di Kulon Progo berbekal kalender kegiatan tersebut. 

"Hal ini tentunya dapat membantu meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kulon Progo dan berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Kulon Progo," kata Triyono melalui keterangan resmi dari Kantor Kominfo Kulon Progo.

Pelaksanaan kegiatan, kata dia, didukung Dana Keistimewaan DIY dan kolaborasi OPD. Pelaksanaannya dari Februari sampai dengan Desember.

Baca juga: Itinerary Wisata 2 Hari 1 Malam di Kulon Progo, Naik Jip dan Susur Goa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+