Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serunya Ikut Dinas Rahasia di Museum Taman Prasasti Jakarta

Kompas.com - 28/01/2023, 20:08 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mengunjungi Museum Taman Prasasti, Jakarta Pusat, bisa jadi opsi berakhir pekan bersama anak. Agar tidak membosankan, aktivitas ini bisa diselingi hal seru, seperti berburu kode lewat Petualangan Dinas Rahasia.

Penyelenggara Petualangan Dinas Rahasia dari Museum Ceria, Ajeng, mengatakan, program tersebut bertujuan mempererat keakraban antara anak dan orangtua karena bekerja sama menyelesaikan tugas dari buku panduan.

Baca juga:

"Ke museum itu banyak yang malas karena cuma lihat-lihat, jadi dengan ikut ini bisa memperkuat bonding antara orangtua dan anak, ada pekerjaan yang didesain untuk mereka bisa kerjakan bareng," tutur Ajeng kepada Kompas.com, Sabtu (28/1/2023).

"Jadi ada interaksi antar orangtua dan anak, yang bisa jadi memori di kemudian hari," imbuhnya.

Aktivitas Petualangan Dinas Rahasia di Museum Prasasti Jakarta, Sabtu (28/1/2023)dokumentasi Museum Ceria Aktivitas Petualangan Dinas Rahasia di Museum Prasasti Jakarta, Sabtu (28/1/2023)

Kompas.com pun sempat ikut Petualangan Dinas Rahasia bersama peserta lain yang terdiri dari anak berusia 6-8 tahun bersama orangtuanya, Sabtu (28/1/2023).

Konsep Petualangan Dinas Rahasia di museum ini ialah mengajak peserta kembali ke tahun 1930-an sebagai polisi intelijen Belanda.

"Jadi anak-anak harus cari 10 nisan di Museum Prasasti untuk checking people sesuai tugas yang diberikan dalam activity book (buku aktivitas)," papar dia.

Baca juga:

Di lapangan, setiap anak bersama orangtuanya harus berkeliling mencari nisan, lalu menempel stiker sesuai ciri-ciri yang diminta.

Selain itu, mereka juga harus menebak nama-nama tokoh sesuai kode dan instruksi.

Dhio, salah satu peserta berusia tujuh tahun asal Tangerang, mengaku sangat antusias menyelesaikan tugasnya.

"Senang, tapi tadi ada yang susah, itu ada (batu nisan) bahasanya Belanda, jadi susah, tapi bisa semua, dibantu papa," ujarnya usai menempel seluruh stiker.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com