Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kharisma Event Nusantara dan Sportive 2023 Resmi Diluncurkan Hari Ini

Kompas.com - 28/01/2023, 21:46 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kharisma Event Nusantara (KEN) Festival dan SPORTIVE (Sport, Music, & Creative Event) Calender 2023 resmi diluncurkan Sabtu (28/1/2023) di Teater Keong Mas, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur.

Acara ini dibuka oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Baca juga:

"Dari semua event (acara), yang paling menyentuh saya adalah harapan dari para masyarakat maupun UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) untuk segera bangkit, karena setiap event ini membuka peluang usaha, lapangan kerja, dan mengangkat budaya setempat," kata Menparekraf, Sabtu (28/1/2023).

Tidak hanya itu, Presiden Joko Widodo juga turut mendukung KEN dan SPORTIVE 2023.

"Tahun ini akan menjadi momen kebangkitan pariwisata Indonesia. Untuk itu, kita harus berkolaborasi, memperbaiki kualitas destinasi melalui atraksi dan event menarik yang menampilkan inovasi dan kreativitas," kata Presiden secara virtual saat peluncuran, Sabtu (28/1/2023).

Momen penabuhan gendang oleh Menparekraf  Sandiaga Salahuddin Uno sebagai seremonial peluncuran KEN dan SPORTIVE 2023 di Theater Keong Mas TMII pada Sabtu (28/1/2023).KOMPAS.com/SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Momen penabuhan gendang oleh Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno sebagai seremonial peluncuran KEN dan SPORTIVE 2023 di Theater Keong Mas TMII pada Sabtu (28/1/2023).

Menparekraf menjelaskan, dalam KEN 2023 terdapat 110 kegiatan dalam bentuk pertunjukan seni dan budaya, serta pameran UMKM yang telah dikurasi dari 38 provinsi di Indonesia.

Adapun bidang penilaian yang menjadi standar kurasi KEN yakni aspek pariwisata dan ekonomi kreatif, inovasi dan kreativitas, manajemen event, strategi komunikasi, serta pengembangan bisnis dan manajemen.

Baca juga: Menparekraf Minta Maskapai Indonesia Lebih Tepat Waktu

Sementara itu, untuk kegiatan SPORTIVE, terdapat 65 kegiatan yang akan digelar di seluruh Indonesia.

"Event ini akan menjadi magnet untuk menarik sebanyak banyaknya kunjungan wisatawan Nusantara dan mancanegara untuk datang dan menikmati keunikan pariwisata Indonesia," kata Sandiaga.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com