Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mumi Tertua dan Telengkap Ditemukan Dekat Piramida di Saqqara, Mesir

Kompas.com - 30/01/2023, 12:31 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.comSaqqara merupakan kompleks pemakaman Mesir Kuno yang terletak di Negara Mesir, Benua Afrika.

Lokasi Saqara berada 25 kilometer (km) sebelah selatan Kompleks Piramida Giza dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam.

Di Saqara, juga terdapat piramida-piramida yang merupakan kompleks pemakaman kuno raja-raja Mesir zaman dulu, yakni Firaun.

Baca juga: Museum Arkeologi Terbesar di Dunia Akan Dibuka di Mesir Tahun Ini

Dikutip dari Antara, Jumat (27/1/2023), terdapat kelompok makam dinasti kelima dan keenam Firaun yang baru-baru ini ditemukan dekat Piramida Bertingkat di Saqqara.

Uniknya, tim ahli arkeologi tidak hanya kembali menemukan kompleks makam kuno di tempat itu.

Mumi tertua dan terlengkap

Kali ini, tim menemukan mumi tertua dan terlengkap di dasar lubang sepanjang 15 meter pada penggalian itu.

Mumi seorang pria bernama Hekashepes itu berusia 4.300 tahun dan berada di sarkofagus batu kapur yang disegel dalam lesung.

“Mumi ini mungkin mumi tertua dan terlengkap yang ditemukan di Mesir hingga saat ini, kata kepala tim penggalian bernama Zahi Hawass, dikutip dari Antara, Jumat.

Arkeolog dan mantan menteri barang antik Mesir Zahi Hawass mengadakan konferensi pers di pekuburan Saqqara, tempat ditemukannya mumi bertali emas dan empat makam termasuk penjaga rahasia raja kuno, di selatan Kairo pada Kamis (26/1/2023). Zahi Hawass mengumumkan penemuan terbaru, yang berasal dari dinasti kelima dan keenam -sekitar abad ke-25 hingga ke-22 SM- kepada wartawan di lokasi penggalian. AFP/KHALED DESOUKI Arkeolog dan mantan menteri barang antik Mesir Zahi Hawass mengadakan konferensi pers di pekuburan Saqqara, tempat ditemukannya mumi bertali emas dan empat makam termasuk penjaga rahasia raja kuno, di selatan Kairo pada Kamis (26/1/2023). Zahi Hawass mengumumkan penemuan terbaru, yang berasal dari dinasti kelima dan keenam -sekitar abad ke-25 hingga ke-22 SM- kepada wartawan di lokasi penggalian.

Selain mumi Hekashepes, ada pula makam milik inspektur pejabat pengawas bangsawan yang juga merupakan pendeta bernama Khnumdjedef.

Ia hidup pada masa pemerintahan Unas, Firaun terakhir dinasti kelima. Makam dihiasi dengan adegan kehidupan sehari-hari.

Baca juga: 10 Hal Unik yang Bisa Ditemukan di Mesir, Kunjungi Lembah Para Raja

Makam lain adalah milik seseorang bernama Meri yang merupakan penjaga rahasia dan pemimpin besar istana.

Ditemukan pula banyak patung di antara makam, termasuk satu yang mewakili seorang pria dan istrinya, juga beberapa pelayan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com