Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kafe Unik di Malang, Bisa Ngopi Sambil Bikin Kaus

Kompas.com - 30/01/2023, 13:31 WIB
Nugraha Perdana,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

MALANG, KOMPAS.com - Menikmati akhir pekan atau santai sore di Kota Malang, Jawa Timur, kamu bisa mengunjungi salah satu kafe unik bernama Kooka Coffee.

Kafe ini menghadirkan suasana Industrial Garmen dengan ornamen seperti meja bertemakan mesin jahit, beragam koleksi mesin jahit kuno dan lainnya.

Kooka Coffee berada di Jalan Dirgantara, Kelurahan Lesanpuro, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang.

Baca juga: Jalan ke Kafe Viral di Bromo Rawan Kecelakaan, Polisi: Jangan Pakai Matik

Di tempat ini, selain bersantap pengunjung juga bisa melihat tempat produksi kaus dan baju secara langsung.

Mulai dari proses desain, penentuan warna kain, pemotongan kain, penyablonan, penjahitan, hingga pengemasan, semua bisa disaksikan.

Owner Kooka Coffee Intan Febrianti (20) mengatakan, kafe tersebut tergolong baru didirikan, yaitu pada 10 Oktober 2020.

Dengan usahanya itu, dia sebenarnya juga membantu usaha bapaknya, Dicky Asmoro Oetomo yang memiliki usaha konfeksi bernama Baboon T Shirt.

Edukasi industri konfeksi kepada pengunjung

Intan juga memiliki tujuan ingin mengedukasi secara luas tentang industri konfeksi bagi pengunjung yang datang ke kafenya.

"Memang misi kita juga ingin tempat ini menjadi edukasi, jadi sering anak-anak TK, siswa siswi SD datang kesini untuk tahu usaha konfeksi itu seperti apa," kata dia kepada Kompas.com, Minggu (29/1/2023).

Baca juga: Jadwal Bus Macito Terbaru, Keliling Kota Malang Gratis

Untuk anak TK, mereka akan dikenalkan kepada warna dan diajak keliling. Untuk pelajar-pelajar SMA/ SMK, mereka lebih belajar terkait pemasaran jualan pakaian.

Nama Kooka merupakan singkatan dari Kopi Oleh Kaos. Maksudnya, pengunjung Kooka Coffee yang datang bisa memperoleh satu kaus dengan harga murah, sesuai syarat dan ketentuan berlaku.

"Bagi pengunjung yang datang pertama kali datang pukul 09.00 WIB, hanya beli air mineral bisa dapat satu kaus," ujar Intan.

Ngopi sambil pesan kaus

Kemudian pengunjung selanjutnya yang membeli makanan dan minuman dengan total Rp 75.000, bisa dapat satu kaus dengan harga Rp 20.000. Sehari hanya 20 kaus dengan macam-macam desain.

Kafe ini buka - tutup mulai pukul 09.00 WIB hingga 21.00 WIB. Terdapat berbagai sajian makanan dan minuman yang ditawarkan seperti kafe pada umumnya.

"Kita ada kopi V 60, milkshake, sampai minuman herbal seperti wedang uwuh, jahe parut, teh serai, kopi jahe dan lainnya. Harga minuman mulai Rp 10.000 hingga Rp 20.000," katanya.

Baca juga: Libur Imlek 2023, Tingkat Okupansi Hotel di Kota Malang Naik 70 Persen

Pengunjung juga bisa membuat kaus secara langsung sesuai desain yang diinginkan. Harganya mulai dari Rp 75.000 hingga Rp 250.000 sesuai tingkat kesulitan desain. Pengunjung cukup menunggu satu setengah jam untuk penyelesaian pembuatan kaus.

Di tempat itu, kini dalam sehari bisa memproduksi sekitar 500 potong kaus dan baju dengan terdapat 25 pekerja.

"Kebanyakan memang disini baju atau kaus yang dipesan untuk perusahaan, sekolah, event, jadi dalam skala banyak. Tetapi pengunjung kafe juga bisa memesan satu saja," tutur dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com