Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/01/2023, 16:36 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jalur pendakian Gunung Raung 3.344 meter di atas permukaan laut (MDPL) via Kalibaru di Jawa Timur kembali dibuka.

Rencananya, pendakian akan kembali dibuka pada Rabu, 1 Februari 2023.

"Iya betul, akan dibuka per 1 Februari. Ini memang sudah dibuka untuk ke depannya seperti biasa," kata Sekretariat Mt.Raung sekaligus Kepala Dusun Wonorejo, Kecamatan Kalibaru Dimas saat dihubungi oleh Kompas.com, Senin (30/1/2023).

Baca juga:

Dimas mengatakan, para pendaki yang akan memasuki jalur pendakian Gunung Raung via Kalibaru harus mematuhi syarat yang sudah ditetapkan.

Adapun syarat pendakian Gunung Raung via Kalibaru yakni tidak boleh melewati batas aman yang direkomendasikan oleh petugas sekretariat, yaitu tiga kilometer dari bibir kawah.

"Syarat yang kami tekankan itu mengenai titik terakhir pendaki, kami rekomendasikan hanya sampai puncak bendera," kata Dimas.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Selain itu, para pendaki juga diminta membuat surat bermaterai yang berisi pernyataan kebersediaan untuk melakukan pendakian hanya sampai batas aman yang direkomendasikan.

Dimas mengatakan, surat bermaterai tersebut merupakan penegas bahwa pihak pengelola bertanggung jawab terhadap pendaki yang melakukan pendakian hanya sampai batas puncak bendera. 

"Selebihnya, kalau pendaki memaksa untuk terus lanjut (mendaki), dan jika terjadi apa-apa, (tanggung jawabnya) dikembalikan kepada pendaki," terangnya. 

Baca juga:

Ia menambahkan, kegiatan pendakian mulai dari registrasi, persiapan pendakian, dan mendaki gunung akan kembali berjalan seperti biasa mulai pukul 07.30 sampai pukul 15.03 WIB. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com