Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/01/2023, 17:31 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Sejumlah maskapai dari China disebut tengah mengajukan izin penerbangan langsung ke Bali, seperti dikutip Antara.

Untuk diketahui, China baru saja membuka perbatasan negaranya awal Januari lalu. Masyarakatnya pun mulai berbondong-bondong pergi ke negara lain, Indonesia salah satunya.

"Sekarang ada maskapai yang dari China masih mengajukan izin ke Indonesia terutama Bali, penerbangan langsung," ujar Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun di Denpasar, Senin (30/1/2023), seperti dikutip Antara.

Baca juga: Indonesia Akan Jadi Negara Tujuan Grup Wisata dari China per Februari

Tjok Bagus menambahkan, nantinya akan ada sekitar empat maskapai dari China yang terbang secara langsung dan reguler ke Bali. Empat maskapai tersebut merupakan bagian dari total 13 penerbangan langsung yang akan masuk ke Bali hingga Maret 2023.

"13 maskapai itu sampai Maret ini mengajukan, masih mengajukan mudah-mudahan cepat keluarnya. Itu sekitar empatnya China, karena sebelum Covid-19 hampir 15 kota di China penerbangan langsung," tuturnya.

Meski demikian, ia belum dapat memastikan rute dan maskapai yang akan melayani penerbangan langsung dari China ke Bali, termasuk sembilan maskapai lainnya.

Baca juga: Alasan Bali Jadi Destinasi Favorit Wisatawan China, Ada Faktor Budaya

Dengan adanya penerbangan langsung dari China, ia optimistis target jumlah wisatawan mancanegara tahun ini akan tercapai.

"Target pak gubernur untuk datangkan wisatawan mancanegara 4,5 juta tahun ini optimistis tercapai dengan adanya penerbangan langsung dari China, karena itu salah satu pangsa pasar kedua," ucap dia.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Adapun Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati atau Cok Ace sebelumnya sempat menyebutkan target wisatawan asal China yang datang ke Bali bisa mencapai 700.000 orang, seperti dikutip Kompas.com (23/1/2023).

Menurutnya, jumlah kedatangan wisman China berkontribusi besar terhadap pariwisata di Bali dan bersaing dengan jumlah kedatangan wisman Australia.

Baca juga: Indonesia Sambut Turis China, Sandiaga: Kami Pantau dan Sesuaikan

Indonesia sebelumnya juga sudah menerima charter flight dari China untuk pertama kalinya pada Minggu (22/1/2023). Setelahnya, diharapkan akan ada penerbangan langsung dari China.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com