Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Uni Eropa Setujui Rencana Visa Schengen Digital

Kompas.com - 03/02/2023, 07:05 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Parlemen Uni Eropa (UE) menyetujui rencana digitalisasi visa schengen, atau berpindah dari pengajuan secara fisik dan stiker visa ke sistem digital, Selasa (31/1/2023).

Pengajuan visa schengen secara digital dinilai dapat mempercepat proses, mengurangi biaya yang diperlukan, dan meningkatkan keamanan. 

Baca juga:

"Melalui digitalisasi proses pengajuan visa untuk wilayah Schengen, rencana tersebut bermaksud untuk mengurangi biaya dan beban dalam proses pengajuan, serta secara bersamaan memastikan adanya penerapan yang sama di seluruh Eropa dan meningkatkan keamanan," bunyi mengumuman dari Parlemen UE, dikutip dari Schengenvisainfo.com, Jumat (3/2/2023).

Satu platform online untuk pengajuan visa schengen

ILUSTRASI - Visa SchengenShutterstock ILUSTRASI - Visa Schengen

Dalam sistem ini, pengajuan visa schengen nantinya diproses dalam satu platform online (daring) yang akan menginformasikan soal negara yang akan menerima pengajuan.

Parlemen UE juga akan memastikan bahwa pengajuan visa tertentu tidak akan ditolak lantaran mereka berasal dari IP address yang sama. 

Adapun IP address adalah alamat unik yang mengidentifikasi perangkat di internet atau jaringan lokal, dikutip dari Kompas.com, Rabu (4/1/2023).

Sebagai informasi, dalam rapat Parlemen UE tersebut, sebanyak 34 suara menyatakan setuju, lima suara menyatakan keberatan, dan 20 suara menyatakan abstensi. 

Baca juga:

Parlemen UE berencana mengumumkan negosiasi antar-lembaga terkait hal tersebut. Jika tidak ada penolakan maka negosiasi tentang perincian akhir akan dapat dimulai

Untuk diketahui, dilansir dari laman resmi UE, visa schengen adalah visa kunjungan singkat untuk melakukan perjalanan di wilayah Schengen.

Wilayah ini terdiri dari 26 negara, antara lain Austria, Denmark, Perancis, Jerman, Islandia, Italia, Belanda, Swedia, Swiss, dan Norwegia.

Baca juga: Perancis dan Jerman Jadi Destinasi Wisata Favorit Pemohon Visa Schengen

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com