Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Target Kunjungan Wisatawan ke Kabupaten Bogor Naik Jadi 10 Juta

Kompas.com - 03/02/2023, 11:19 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Target jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bogor pada tahun 2023 dinaikkan menjadi 10 juta wisatawan, dari yang sebelumnya delapan juta wisatawan pada tahun 2022.

"Kita naikkan lagi (targetnya), karena ada beberapa acara-acara besar yang sudah masuk Calender Of Event (kalender acara) di pemerintah pusat akan diselenggarakan di Bogor," ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor Deni Humaedi, dikutip dari Antara, Jumat (3/2/2023).

Baca juga:

Naiknya target kunjungan wisatawan tersebut, lanjutnya, sehubungan dengan meredanya pandemi Covid-19 dan tercapainya target jumlah kunjungan wisatawan tahun lalu.

Sebagai informasi, jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bogor mengalami peningkatan sejak tahun 2017. Pada tahun itu, tercatat ada 7,3 juta wisatawan. 

Baca juga: 4 Tempat Wisata di Bogor Bernuansa China, Cocok buat Libur Imlek

Leuwi Lieuk, Bogoraji wijaya/Shutterstock Leuwi Lieuk, Bogor

Selanjutnya pada tahun 2018, meningkat menjadi 7,5 juta wisatawan, kemudian pada tahun 2019 naik menjadi 9,4 juta wisatawan. 

Namun, pada tahun 2020, pandemi Covid-19 menyebabkan penurunan drastis jumlah kunjungan wisatawan hingga 50 persen atau menjadi 4,4 juta.

Baca juga:

"Tahun 2021 mengalami peningkatan sebesar 36 persen. Semoga tahun-tahun selanjutnya kembali meningkat," tuturnya. 

Pada tahun 2021, jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Bogor menjadi 6,08 juta kunjungan.

Deni mengatakan, Pemerintah Kabupaten Bogor berusaha memajukan sektor pariwisata, salah satunya dengan memperbanyak desa wisata.

Baca juga: 10 Tempat Nongkrong di Bogor, Ada Kafe dengan Pemandangan Gunung Salak

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com