Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Konektivitas Antarnegara Jadi Sorotan di ASEAN Tourism Forum 2023

Kompas.com - 04/02/2023, 06:37 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Konektivitas antarnegara ASEAN menjadi salah satu strategi untuk mempercepat pemulihan pariwisata di negara-negara Asia Tenggara.

Hal tersebut juga menjadi salah satu poin yang disoroti dalam ASEAN Tourism Forum 2023 atau ATF 2023.

Baca juga: ASEAN Tourism Forum 2023 di Yogya Dimulai, Ada Pameran Parekraf Selama 4 Hari

Apalagi, negara-negara ASEAN menjadi pasar wisatawan terbesar bagi satu sama lain.

"Kita harus secara efektif memenuhi permintaan perjalanan tersebut dalam waktu yang segera, sehingga pemulihan pariwisata bisa berlangsung lebih cepat," ungkap Deputi Sekretaris Jenderal ASEAN, Satvinder Singh dalam pembukaan ATF 2023 di Prambanan, Yogyakarta, Jumat (3/2/2023).

Ia menambahkan, untuk memperkuat konektivitas antarnegara ASEAN, seluruh negara anggota harus bekerja bersama serta mendiskusikan langkah-langkah strategis untuk memenuhi kapasitas permintaan dan penawaran yang ada.

Baca juga:

Kementerian yang mengurusi bidang pariwisata dan transportasi menurutnya harus bisa menargetkan isu tentang kapasitas pariwisata di tahun-tahun ke depan, serta lebih gencar dalam promosi global.

"Kita harus membuat lebih banyak koneksi udara, koneksi pesiar, dan darat, serta syarat-syarat yang bersahabat bagi sesama warga ASEAN," ucapnya.

Konektivitas Indonesia dan negara ASEAN lain

Sementara itu, peluang untuk mempermudah aktivitas wisata antarnegara ASEAN juga sempat disinggung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Ia mencontohkan untuk Indonesia dan Filipina, misalnya, kerja sama pariwisata bisa dilakukan dengan Sulawesi Utara yang dekat secara jarak. Sementara dengan Vietnam misalnya dengan Sumatera Utara.

Baca juga: Menparekraf: ATF 2023 Picu Percepatan Pemulihan Pariwisata di ASEAN

"Karena konsep ke depan ini penerbangannya di bawah dua jam, mungkin destinasi-destinasi yang bisa dicapai di bawah dua jam akan sangat menarik dalam lingkup kerja sama ASEAN," ucap Sandiaga secara terpisah.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com