Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 04/02/2023, 23:35 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Kota Surabaya, Jawa Timur memiliki 949 taman sampai awal tahun 2023. Dari taman tersebut, ada 169 taman yang dilengkapi area bermain anak-anak sehingga sekaligus bisa dijadikan tempat wisata keluarga.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Surabaya, Agus Hebi Djuniantoro, 949 taman tersebut meliputi taman aktif dan taman pasif. Terkait taman aktif, terdapat 38 lokasi untuk skala kota dan 136 lokasi untuk skala permukiman atau Rukun Warga (RW).

Baca juga:

Sementara itu, terkait taman pasif, tercatat ada 775 lokasi dan rata-rata dijumpai di jalur hijau.

“Nah, dari 949 taman itu, 169 taman di antaranya menjadi taman bermain anak dan tidak pernah sepi pengunjung," kata Hebi, dikutip dari laman Pemerintah Kota Surabaya, Sabtu (4/2/2023).

"Lokasi ini tersebar di seluruh Surabaya sehingga warga tidak perlu jauh-jauh mengajak anaknya untuk bermain dan semua fasilitas itu gratis,” imbuhnya.

Baca juga: Cara Naik Kereta Panoramic Keberangkatan Bandung dan Surabaya Gubeng

Adapun area bermain di taman yang dimaksud terdiri dari berbagai fasilitas, mulai dari perosotan hingga ayunan.

Taman yang paling ramai di Kota Surabaya

Dari ratusan taman yang ada di Kota Surabaya, lanjutnya, Kebun Bibit dan Taman Flora yang dinilai paling ramai. Apalagi ruang publik tersebut memiliki area outbound. 

“Dari sekian banyak taman di Surabaya, Taman Flora dan Kebun Bibit ini yang selalu paling ramai karena fasilitas bermain anaknya lengkap termasuk untuk outbound-nya, makanya di situ juga sering ada event (acara) bagi anak-anak,” tutur Hebi.

Baca juga:

Sebagai informasi, saat ini ada enam taman di Surabaya yang tengah menjalani proses guna memperoleh sertifikat Ruang Bermain Ramah Anak dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. 

Keenam taman yang dimaksud yaitu Taman Flora, Taman Harmoni, Taman Kebun Bibit Wonorejo, Taman Cahaya, Taman 10 November, dan Taman Jangkar.

Baca juga: 5 Tempat di Surabaya untuk Memperingati Hari Pahlawan

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com