Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dipakai Sandiaga dan Delegasi ATF 2023, Ini Makna Motif Batik Pinus

Kompas.com - 06/02/2023, 05:36 WIB
Sania Mashabi,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menggunakan kemeja batik berwarna biru tua dan coklat pada pembukaan ASEAN Travel Forum (ATF) 2023 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jumat (3/2/2023).

Selain Sandiaga, beberapa delegasi ATF 2023 terlihat mengenakan motif batik serupa, seperti Deputi Sekretaris Jenderal ASEAN Satvinder Singh, Sekretaris Pariwisata Filipina Christina Frasco, serta Menteri Kebudayaan, Informasi, dan Pariwisata Laos Suanesavanh Vignaket.

Baca juga:

Hal ini diunggah Sandiaga melalui akun media sosial Instagram miliknya dan akun resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

"Batik ini bukan sekedar pakaian aja, tapi memiliki makna dan nilai budaya tersendiri," tulis unggahan tersebut, seperti dikutip Kompas.com, Minggu (5/2/2023).

Motif batik pinus

Dalam unggahan yang sama, Kemenparekraf menulis, motif batik yang dikenakan Sandiaga dan para delegasi pada pembukaan ATF 2023 adalah motif batik pinus khas Yogyakarta.

Proses pembuatannya disebut menggunakan cantik cecek dengan pewarna alami indigo, kayu mahoni, dan tingi.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (kanan) bersama Sekretaris Pariwisata Filipina Christina Frasco ketika menghadiri pembukaan ASEAN Tourism Forum 2023 (ATF 2023) di Yogyakarta, Jumat (3/2/2023).DOK KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (kanan) bersama Sekretaris Pariwisata Filipina Christina Frasco ketika menghadiri pembukaan ASEAN Tourism Forum 2023 (ATF 2023) di Yogyakarta, Jumat (3/2/2023).

Dihubungi terpisah, Erwin Yuniati sebagai pembuat batik dari label Bahana Batik menjelaskan, batik motif pinus dibuat untuk mengangkat dan memperkenalkan hutan pinus sebagai salab satu ikon pariwisata Bantul, Yogyakarta.

"Saya terinspirasi untuk membuat motif pinus itu karena saya mengangkat pariwisata yang ada di Kabupaten Bantul. Salah satunya adalah hutan pinus," kata Erwin kepada Kompas.com, Minggu.

Baca juga:

Erwin menuturkan, pohon pinus sendiri memiliki arti damai dan ada keteguhan tinggi dalam meraih cita-cita.

Selain pinus, Erwin juga memasukan motif truntum, salah salah satu motif dasar batik jawa yang memiliki arti selalu bersemi.

"Jadi biar tumbuh terus, tumbuh terus. Sementara pinus itu sendiri mempunyai makna ada kedamaian dan ada keteguhan yang tinggi untuk mencapai cita-cita," ujarnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, dan Deputi Sekretaris Jenderal ASEAN Satvinder Singh (paling kiri ke kanan) ketika membuka ASEAN Tourism Forum 2023 (ATF 2023) di Yogyakarta, Jumat (3/2/2023).DOK KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, dan Deputi Sekretaris Jenderal ASEAN Satvinder Singh (paling kiri ke kanan) ketika membuka ASEAN Tourism Forum 2023 (ATF 2023) di Yogyakarta, Jumat (3/2/2023).

Adapun rangkaian acara ATF 2023 di DIY, dimulai pada Kamis (2/2/2023) sampai Minggu (5/2/2023).

Forum ini mengundang para menteri pariwisata serta pejabat terkait dari negara-negara ASEAN, serta sejumlah negara mitra dan organisasi internasional.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com