Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tol Khayangan Magelang, Kini Jadi Negeri Khayangan

Kompas.com - 06/02/2023, 17:05 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com - Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, sempat punya satu tempat wisata baru yang viral pada 2021 lalu, yakni Tol Khayangan.

Tempat ini berupa jalan desa baru yang berada di lereng Gunung Merbabu. Saat berkabut, jalan ini seolah mengarah ke khayangan, sehingga diberi nama Tol Khayangan.

Kompas.com sempat berkunjung ke sana pada Senin (6/9/2021). Saat itu, keberadaan jalan baru ini menarik minat para goweser atau pesepeda dan mulai dikenal melalui media sosial.

Baca juga: Tol Kahyangan Juga Ada di Lereng Merbabu, Indahnya Pemandangan Dua Gunung

Meski hanya berupa jalan dengan pemandangan indah, Tol Khayangan tetap mampu menarik minat wisatawan.

Tol Khayangan ini tepatnya berada di Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Lokasinya tidak jauh dari jalan utama Boyolali-Magelang.

Keindahan Negeri Khayangan

Kini saat Kompas.com berkunjung pada Senin (6/2/2023), Tol Khayangan sudah tidak ada dan berganti menjadi Negeri Khayangan.

Sudah banyak perubahan di tempat wisata ini, dari yang dulunya hanya jalan biasa, kini sudah tersedia banyak fasilitas dan spot foto yang tertata rapi.

Baca juga: 6 Tips Berkunjung ke Tol Kahyangan Magelang, Lewat Wonolelo

Begitu tiba, pengunjung akan langsung disuguhi gapura unik yang berbentuk seperti benteng atau kastel dengan latar belakang Gunung Merbabu yang menawan.

Spot Foto Kereta Kencana di Negeri Khayangan, Magelang.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Spot Foto Kereta Kencana di Negeri Khayangan, Magelang.

Ada pula sentra kuliner yang disatukan dalam satu kawasan, sehingga tampak rapi dan tidak menghalangi pemandangan

Selain itu, terdapat kafe yang instagramable dan bangunan kastel, lengkap dengan patung kereta kencana dengan latar belakang keindahan Gunung Merbabu, sehingga pas untuk foto-foto.

Tol Khayangan jadi Negeri Khayangan

Direktur Negeri Khayangan bernama Supri kepada Kompas.com, Senin mengatakan, awal mula tempat wisata adalah jalan baru yang dibangun pemerintah sepanjang 781 meter pada Juli-Agustus 2021.

Saat itu masih pandemi dan, masyarakat desa merasakan dampak. Supri pun mulai memviralkan jalan baru itu karena punya pemandangan indah.

Baca juga: Tempat Wisata Sekitar Tol Kahyangan Magelang, Hutan Pinus sampai Air Terjun

"Saya kasih nama Tol Khayangan itu karena jalan yang dulunya susah, sudah bangun, dan dusun paling atas sering kabut, maka dikasih nama Tol Khayangan, seakan jalan menuju khayangan," tutur Supri.

Pada November 2021, dibangunlah gapura seperti benteng atau kastel untuk makin mempercantik Tol Khayangan.

Setelah viral, Tol Khayangan sering didatangi pegiat media sosial, seperti YouTuber. Pengunjung pun makin banyak, tidak hanya dari kalangan pegowes.

Gapura Berbentuk Benteng atau Kastel di Negeri Khayangan, Magelang.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Gapura Berbentuk Benteng atau Kastel di Negeri Khayangan, Magelang.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com