Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan Kenapa Pesawat Punya Kursi Tanpa Jendela

Kompas.com - 06/02/2023, 17:32 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Saat naik pesawat, duduk di kursi dekat jendela menjadi daya tarik tersendiri karena memungkinkan pelaku perjalanan untuk melihat pemandangan luar.

Namun, ternyata ada beberapa tipe pesawat yang memiliki kursi tanpa jendela dan hanya berupa dinding kosong. Misalnya pesawat tipe Boeing 737-800 (738) dari maskapai penerbangan asal Irlandia, Ryanair.

Baca juga:

"Seringkali ini karena pabrikan menggunakan ruang tersebut untuk menggabungkan avionics (sistem elektronik di pesawat terbang) tertentu atau komponen-komponen penting, seperti saluran pendingin udara," tutur Pemimpin media perjalanan The Points Guy UK, Nicky Kelvin, dikutip dari Daily Mail, Senin (6/2/2023).

Umumnya, lanjut dia, kursi di jendela darurat juga tidak dilengkapi jendela untuk melihat pemandangan di luar lantaran jendela ditempatkan di pintu darurat. 

Baca juga: 3 Tips Kurangi Sakit Punggung dan Leher Saat Naik Pesawat

Cara cek kursi tanpa jendela di pesawat

ilustrasi pesawat mendaratWikimedia ilustrasi pesawat mendarat

Bagi calon pelaku penerbangan yang tidak ingin ditempatkan di kursi tanpa jendela bisa mengecek kursinya terlebih dahulu melalui situs web Seat Guru. 

Di situs web tersebut, mereka bisa memasukkan nama maskapai penerbangan, tanggal, dan nomor penerbangan. Mereka juga bisa mengeceknya dengan memilih nama maskapai penerbangan dan tipe pesawat yang tersedia. 

Baca juga: Ini Usia Minimal Bayi yang Boleh Naik Pesawat Menurut Dokter

Selanjutnya mereka bisa menggeser kursor guna mengetahui keterangan kursi tersebut. Bila warnanya merah maka kemungkinan kursi itu bukan kursi yang baik, misalnya karena dekat toilet atau kurangnya ruang untuk kaki.

Kendati demikian, dilansir dari Lonely Planet, mengetahui ada atau tidaknya jendela di kursi pesawat sesungguhnya tidak semudah itu karena belum tentu informasi yang ada akurat 100 persen.

Apalagi ada maskapai penerbangan yang terus memperbarui tata letak kabin pesawat mereka.

Baca juga: Mengapa Ponsel Harus Airplane Mode Saat Naik Pesawat?

Oleh sebab itu, calon pelaku perjalanan juga dianjurkan untuk rajin-rajin mengecek kursi mereka, termasuk saat melakukan pemesanan. 

Mereka juga disarankan untuk tidak bergantung ke satu situs web saja, tapi juga ke sumber lainnya misalnya di laman resmi maskapai penerbangan tersebut. 

Baca juga: 5 Tips Naik Pesawat dengan Anak agar Tidak Rewel

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com