Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 09/02/2023, 06:05 WIB
Nansianus Taris,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Sejumlah produk UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) ekonomi kreatif khas Labuan Bajo hadir sebagai pilihan camilan di pesawat.

Hal ini merupakan hasil kolaborasi antara Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) dengan maskapai penerbangan Garuda Indonesia.

Baca juga:

Direktur BPOLBF Shana Fatina menilai, kolaborasi ini cukup strategis karena pihaknya membutuhkan pihak-pihak yang berkontribusi langsung dalam percepatan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Labuan Bajo.

"Kami melihat, bahwa produk UMKM ekraf Labuan Bajo sangat amat potensial, sehingga layak dijadikan snack bagi para penumpang pesawat yang terbang dari Labuan Bajo. Ketika orang mencoba makanannya, maka akan langsung ingat destinasinya,” ujar Shana dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Rabu (8/2/2023).

Baca juga: Kisaran Biaya ke Labuan Bajo; Transportasi, Penginapan, dan Makan

Foto : Berkolaborasi dengan Garuda Indonesia Labuan Bajo, Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) mempromosikan produk UMKM ekraf (ekonomi kreatif) lokal Labuan Bajo. Dokumen Bbolbf Foto : Berkolaborasi dengan Garuda Indonesia Labuan Bajo, Badan Pelaksana Otorita Labuan Bajo Flores (BPOLBF) mempromosikan produk UMKM ekraf (ekonomi kreatif) lokal Labuan Bajo.

Proses kurasi produk UMKM tersebut, lanjutnya, mengacu terhadap beberapa kategori, antara lain kemudahan untuk dibawa, produk lokal, dan representasi Labuan Bajo.

Beberapa produk tersebut, di antaranya kompiang dari Komey Labuan Bajo, cicinggo dari Indolatifa, dan La Moringa.

"Semua produk ini dikemas dan dibagikan kepada para penumpang pada saat proses boarding (naik pesawat)," katanya.

Baca juga:

Ia berharap agar hal ini dapat berdampak signifikan bagi pengembangan potensi UMKM ekonomi kreatif setempat, dan Labuan Bajo dapat lebih dikenal lagi dan dijangkau oleh masyarakat luar Nusa Tenggara Timur (NTT).

Tidak hanya itu, diharapkan ke depannya oleh-oleh khas Labuan Bajo juga bisa disediakan untuk rute penerbangan yang lebih luas. 

Baca juga: Kapan Waktu yang Tepat ke Labuan Bajo? Ini Rekomendasi Bulannya

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com