Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tingkat Hunian Hotel Berbintang Naik 5,33 Persen pada Tahun 2022

Kompas.com - 09/02/2023, 20:31 WIB
Sania Mashabi,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, tingkat hunian hotel berbintang di tahun 2022 naik sebesar 5,33 persen.

Pernyataan itu ia katakan berdasarkan data dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

"Hunian kamar hotel berbintang naik 5,33 persen dibanding tahun sebelumnya dan non-bintang sekitar 2,41 persen dibanding tahun sebelumnya," kata Airlangga saat sambutan di Rapat Kerja (Raker) III Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) secara virtual, Kamis (9/2/2023).

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Adapun secara umum tingkat keterisian kamar hotel per November 2022 tercatat sebanyak 5,41 persen.

Pariwisata mulai pulih pascapancemi Covid-19

Airlangga menuturkan, sektor pariwisata Indonesia saat ini sudah mulai pulih utamanya setelah penularan Covid-19 melandai dan tidak ada lagi penerapan pemberlakukan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

"Data Kemenparekraf menyebutkan di tahun 2022 wisatawan nusantara yang liburan mencapai 633 juta orang. meningkat 4,97 persen dibandingkan tahun sebelumnya," ujarnya.

Ilustrasi kamar hotel di Swiss-Belhotel Pondok Indah Jakarta.SITUS SWISS-BELHOTEL PONDOK INDAH JAKARTA Ilustrasi kamar hotel di Swiss-Belhotel Pondok Indah Jakarta.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, masa libur Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru) adalah puncak kebangkitan pariwisata Indonesia.

Kata dia, pada libur Nataru Indonesia kedatangan lebih dari 650.000 wisatawan mancanegara.

"Kami memandu wisatawan mancanegara di level 600.000-650.000 tapi kami mendapatkan suatu pleasant surprise karena terjadi peningkatan secara signifikan dan mendobrak angka 600.000-650.000," kata Sandiaga.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com