Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Katedral Notre Dame di Paris Bakal Dibuka Lagi Akhir 2024

Kompas.com - 10/02/2023, 12:09 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber AFP

KOMPAS.com - Katedral Notre Dame di Paris, yang sempat dilanda kebakaran hebat pada tahun 2019, akan dibuka kembali pada akhir tahun 2024. 

"(Rekonstruksi) situs ini berjalan dengan baik," tutur salah seorang Juru Bicara Kementerian Kebudayaan Perancis, dikutip dari AFP, Jumat (10/2/2023).

Baca juga:

Kendati demikian, pembukaan kembali katedral abad ke-12 ini kemungkinan tidak bisa terjadi sebelum Olimpiade Paris 2024. 

Otoritas setempat sebelumnya merencanakan pembukaan kembali pada awal Desember 2023, tepatnya hari Jumat (8/12/2023).

Baca juga: 10 Kota Pariwisata Paling Kuat di Dunia 2022, Ada Paris dan Tokyo

Artinya, peserta dan penonton Olimpiade Paris 2024 belum bisa mengunjungi katedral ini karena ajang olahraga tersebut akan digelar pada Juli dan Agustus 2024.

Puncak menara Katedral Notre Dame akan dipasang kembali

Ilustrasi puncak menara Katedral Notre Dame di Paris, Perancis.Dok. Dietmar Rabich/Wikimedia Commons/Paris, Notre Dame -- 2014 -- 1508/CC BY-SA 4.0 Ilustrasi puncak menara Katedral Notre Dame di Paris, Perancis.

Puncak menara Katedral Notre Dame rencananya akan dipasang kembali pada akhir tahun 2023.

Puncak ini, yang turut terbakar lalu runtuh pada tahun 2019 lalu, mulanya ditambah oleh arsitek Viollet-Le-Duc pada abad ke-19 guna menggantikan puncak menara kayu sebelumnya yang telah rusak.

Adapun puncak menara yang serupa telah dibuat dari sejumlah material yang sama, antara lain 500 ton kayu oak untuk strukturnya dan 250 ton timah untuk lapisan dan ornamennya.

Jika sudah terpasang nantinya, ketinggian puncak menara tersebut akan mencapai 100 meter.

Baca juga:

Sementara itu, proses pembersihan dinding dalam katedral telah selesai, bersamaan dengan mural, kaca patri, dan patung-patung yang tidak terbakar. 

Dilaporkan oleh Kompas.com, Selasa (16/4/2019), Katedral Notre Dame merupakan salah satu bangunan ikonis di Paris, Perancis. Sebelum peristiwa kebakaran, katedral ini masih mengadakan misa rutin setiap minggu.

Katedral ini juga menyimpan beberapa artefak bersejarah nan penting, antara lain organ dari abad ke-17, Mahkota Duri Suci, dan gambar desain Kota Paris dari masa ke masa.

Baca juga: 7 Lokasi Syuting Emily In Paris di Perancis, Bisa Jadi Tempat Liburan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com