Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Main ke Puri Mataram, Pilihan Wisata Murah Meriah di Sleman

Kompas.com - 12/02/2023, 12:14 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Jika sedang berada di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mampir ke Puri Mataram bisa menjadi pilihan wisata.

Lokasi tepatnya ada di Padukuhan Drono, Kalurahan Tridadi, Kapanewon Sleman. Jaraknya sekitar 11 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta dan bisa ditempuh dengan perjalanan menggunakan kendaraan selama sekitar 30-40 menit.

Baca juga: 24 Wisata Sleman Populer, Ada Lokasi Syuting Film KKN di Desa Penari

Tidak ada biaya tiket masuk untuk mampir ke destinasi milik Badan Usaha Milik Desa (BumDes) Tridadi ini. Pengunjung hanya dikenai tambahan jika masuk ke wahana-wahana yang ada di sana.

"Memang tidak ada tarif, tetapi kalau masuk ke wahana-wahana ada tarifnya. Memang tidak sedikit masyarakat yang datang untuk berwisata saja, kasih makan ikan. Tidak apa-apa, diperbolehkan, nanti kalau masuk wahana baru ada tarif," kata Marketing Puri Mataram, Fahrudi, seperti dikutip Tribun Jogja, Minggu (12/2/2023).

Salah satu pengunjung yang datang untuk berwisata ke Puri Mataram adalah Yudha (34), warga Sleman yang sering mampir untuk sekadar memberi makan ikan.

"Hampir setiap Sabtu ke sini (Puri Mataram), ya cuma ngasih makan ikan saaja, sama naik bebek air. Kadang-kadang ya naik andong," ucapnya saat berkunjung ke Puri Mataram, Sabtu (11/02/2023). 

Seorang pengunjung anak bermain di kolam ikan di Puri Mataram, Sleman, DIY.SHUTTERSTOCK/ISNANI HUSNAYATI Seorang pengunjung anak bermain di kolam ikan di Puri Mataram, Sleman, DIY.

Sekali berkunjung, Yudha menghabiskan sekitar Rp 25.000 hingga maksimal Rp 100.000. Biaya itu untuk pakan ikan Rp 5.000, naik bebek Rp 20.000, serta naik andong keliling Puri Mataram Rp 50.000.

Ketika naik andong, kata Yudha, ia dan keluarganya bisa sambil melihat-lihat pemandangan, sekaligus domba, kuda, dan hewan lain yang ada di sana.

"Harganya sangat terjangkau," ucap dia.

Baca juga:

Adapun menurut situs resmi Kelurahan Tridadi, Puri Mataram memiliki arti "Taman di Sebuah Kraton". Puri memiliki filosofi sebagai tempat indah dengan taman, air, serta bunga-bunga di dalamnya, sedangkan Mataram adalah Kerajaan Mataram, dengan khas bangunan sebuah pendopo dan limasan.

Puri Mataram mulai dibangun pada 2018 di atas lahan seluas 4,5 hektar.

Beberapa aktivitas wisata di dalamnya seperti bermain di Taman Bunga, Taman Berkuda, Taman Kelinci, Becak Air, Kolam Tangkap Ikan, Terapi Air, dan lainnya.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com