Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Wadai Banjarmasin 2023 Bakal Digelar di Siring Sungai Martapura

Kompas.com - 14/02/2023, 11:40 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan menetapkan siring Sungai Martapura menjadi lokasi obyek wisata kuliner Ramadhan atau disebut pasar wadai Ramadhan pada 2023.

Ini merupakan kali pertama pasar wadai Ramadhan diadakan kembali setelah sempat absen selama pandemi Covid-19.

Adapun siring sungai ini berlokasi di Jalan Piare Tendean, Banjarmasin Tengah.

Baca juga:

 

Menurut Wakil Wali Kota Banjarmasin H Arifin Noor, siring sungai dengan fasilitas menara pandang tersebut dipilih berdasarkan hasil rapat bersama.

Ini melibatkan jajaran instansi terkait di lingkungan Pemkot Banjarmasin, Kepala Cabang Utama Bank Kalsel dan paguyuban pedagang pasar wadai Ramadhan Kota Banjarmasin.

"Sudah kami tinjau lokasinya, kami nilai pas untuk Pasar Wadai Ramadhan tahun ini," kata Arifin di Balaikota Banjarmasin, Senin (13/2/2023).

Baca juga:

Arifin menambahkan, lokasi tersebut bakal ditata, direnovasi, dan diberi sentuhan keindahan agar para paguyuban pedagang di sana mendapatkan ruang yang lebih luas.

Sebab, kata dia, pasar wadai Ramadhan sudah menjadi ikon wisata kuliner Ramadhan besar di Banjarmasin, sehingga diperkirakan akan kembali menyedot kunjungan yang besar.

"Mudah-mudahan hari ini kami sudah bergerak semua untuk suksesnya gelar pasar wadai Ramadhan di kota kita ini," tuturnya.

Pertama kali di Siring Sungai Martapura

Adapun menurut Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kota Banjarmasin Iwan Fitriadi, pasar wadai Ramadhan baru pertama kali digelar di Siring Sungai Martapura.

Pedagang pasar terapung Siring Piere Tandean melakukan atraksi Jukung (perahu) di Sungai Martapura, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (6/2/2019). Sebanyak 80 pedagang melakukan atraksi jukung untuk menarik potensi wisata pasar terapung kepada wisatawan yang berkunjung ke Kota Banjarmasin.ANTARA FOTO/BAYU PRATAMA S Pedagang pasar terapung Siring Piere Tandean melakukan atraksi Jukung (perahu) di Sungai Martapura, Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Rabu (6/2/2019). Sebanyak 80 pedagang melakukan atraksi jukung untuk menarik potensi wisata pasar terapung kepada wisatawan yang berkunjung ke Kota Banjarmasin.

Sebelumnya, pasar wadai Ramadhan Banjarmasin bertempat di Jalan RE Martadinata atau di depan Balaikota Banjarmasin, serta di Jalan Sudirman di depan eks Kantor Gubernur Kalsel.

Meskipun, kedua tempat ini juga terletak di pinggiran sungai Martapura.

Baca juga:

Siring Sungai Martapura adalah salah satu obyek wisata unggulan Kota Banjarmasin.

Salah satu spot populernya adalah menara pandang, yang tampak memukau jika berpadu dengan pemandangan Sungai Martapura.

"Jadi sangat cocok di sana, moga dengan persiapan yang jauh hari ini, kegiatan berlangsung baik dan meriah," paparnya.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Sebab, ungkap dia, sejak pandemi COVID-19 melanda pada Maret 2020, gelar pasar wadai Ramadhan Banjarmasin sempat ditiadakan, karena menjaga protokol kesehatan.

"Tahun ini digelar lagi, moga membangkitkan ekonomi masyarakat," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com