Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tempat Wisata untuk Merayakan HUT Ke-278 Kota Solo

Kompas.com - 16/02/2023, 23:13 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com -  Kota Surakarta atau Solo akan memperingati hari jadi ke-278 atau Hari Ulang Tahun (HUT) pada Jumat, (17/2/2023) besok. Sejumlah tempat wisata di Kota Solo akan menjadi lokasi perayaan HUT ke-278 Solo.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Surakarta, Aryo Widyandoko mengungkapkan, ada serangkaian acara yang akan diselenggarakan untuk memperingati HUT ke-278 Solo.

“Upacara di Solo Safari, Festival Jenang di Ngarsopuro, kirab Boyong Kedhaton, dan tarian (kolosal) Adeging Kutha Sala,” ujar Aryo dikutip dari Kompas.com, Rabu (15/2/2023).

Baca juga: Kirab Boyong Kedaton 2023 Akan Meriahkan HUT ke-278 Kota Solo

Baca juga: 4 Rangkaian Acara HUT Solo ke-278, Kirab hingga Festival Jenang

Masyarakat bisa menyaksikan kemeriahan acara HUT ke-278 Solo di sejumlah tempat wisata tersebut. Mana saja? Berikut daftarnya.

1. Solo Safari

Primate Island di Solo Safari.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Primate Island di Solo Safari.

Solo Safari merupakan kebun binatang yang baru saja diresmikan setelah selesai direvitalisasi. Sebelumnya, tempat wisata ini bernama Taman Satwa Taru Jurug.

Obyek wisata ini baru saja dibuka untuk umum pada Jumat (27/1/2023) lalu. Solo Safari akan menjadi lokasi upacara HUT ke-278 Solo.

Baca juga: Solo Safari Dibuka untuk Umum, Bisa Lihat Komodo

Uniknya, dalam upacara tersebut mulai dari peserta hingga petugas upacara adalah anak-anak.

“Nanti ada upacara, upacaranya anak-anak semua," ujar Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, dalam Tribun Solo.

Sembari berwisata di Solo Safari, pengunjung bisa menyaksikan upacara dalam rangka HUT ke-278 Solo. Lokasinya berada di Jalan Ir. Sutami No.109, Kecamatan Jebres. 

3. Keraton Surakarta

Seorang pengayuh becak melintas di depan Keraton Surakarta Hadiningrat.KOMPAS.com/Labib Zamani Seorang pengayuh becak melintas di depan Keraton Surakarta Hadiningrat.

Hari jadi Kota Solo erat kaitannya dengan Keraton Surakarta Hadiningrat. 

Kelahiran Kota Solo ditandai dengan perpindahan pusat Kerajaan Mataram Islam dari Keraton Kartasura ke Keraton Surakarta Hadiningrat di Desa Sala. Desa Sala inilah yang berkembang menjadi Kota Solo sekarang ini.

Wisatawan yang ingin menyaksikan sejarah Kota Solo dan Keraton Surakarta, bisa berkunjung ke istana ini. Lokasinya berada di Jalan Kamandungan, Baluwarti, Kecamatan, Pasar Kliwon. 

Baca juga: Sejarah Kota Solo, Berawal dari Geger Pecinan hingga Pindah Keraton

Pada perayaan HUT ke-278 Solo, akan digelar Kirab Boyong Kedaton pada Jumat (17/2/2023) mulai pukul 15.00 WIB. Rutenya adalah koridor Jalan Gatot Subroto menuju Balaikota Solo.

Kirab ini akan diikuti oleh raja Keraton Surakarta Hadiningrat, anggota kerajaan, prajurit musik keraton, rombongan pembawa pusaka keraton, sanggar tari Kota Solo, dan lainnya.

Menurut sejarah, kirab Boyong Kedaton adalah proses perpindahan pusat Kerajaan Mataram Islam dari Keraton Kartasura ke Keraton Surakarta Hadiningrat di Desa Sala.

3. Pura Mangkunegaran

Pendopo Ageng Pura Mangkunegaran Shutterstock/Anom Harya Pendopo Ageng Pura Mangkunegaran

Selain Keraton Surakarta Hadiningrat, Pura Mangkunegaran merupakan ikon wisata budaya dan sejarah di Solo. Mengutip Kompas.com (29/11/2021), Pura Mangkunegaran merupakan istana tempat kediaman para raja atau adipati Mangkunegaran.

Istana ini dibangun Raden Mas Said atau Pangeran Sambernyawa, yang merupakan pendiri Mangkunegaran dan memiliki gelar Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara I.

Baca juga: Taman Pracima Tuin di Pura Mangkunegaran Solo Akan Dibuka Sabtu Ini

Saat HUT ke-278 Solo, Pamedan Pura Mangkunegaran akan menjadi lokasi Pasar Jenang yang merupakan bagian dari Festival Jenang Solo 2023. Acaranya akan berlangsung pada Jumat (17/2/2023) pukul 08.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB.

Ada berbagai jenis jenang yang bisa dijumpai dalam Festival Jenang Solo 2023, antara lain jenang sumsum, jenang ireng, atau jenang grendul, dan sebagainya.

Masyarakat yang ingin berwisata sekaligus melihat kemeriahan Festival Pasar Jenang, bisa mendatangi Pamedan Pura Mangkunegaran besok.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com