Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jam dan Rute Kirab Boyong Kedaton HUT Ke-278 Kota Solo Tahun 2023

Kompas.com - 17/02/2023, 09:56 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com – Kota Surakarta (Solo) akan merayakan hari jadinya yang ke-278 pada Jumat (17/2/2023).

Adapun hari jadi Kota Solo tepatnya adalah pada tanggal 17 Februari 1745. Saat itu adalah masih era Kerajaan Mataram Islam di bawah kepemimpinan Paku Buwana II.

Hari jadi Kota Solo itu ditetapkan ketika terjadi pemindahan pusat kerajaan Mataram Islam dari Kartasura ke Desa Sala (Solo).

Baca juga: 4 Rangkaian Acara HUT Solo ke-278, Kirab hingga Festival Jenang

Sebagai info, pusat Kerajaan Mataram Islam pernah berada di Kartasura (sekarang bagian Kabupaten Sukoharjo). Bekas Keraton Kartasura pun masih ada hingga sekarang. 

Kirab Boyong Kedaton pada HUT ke-278 Kota Solo ini pun akan mengisahkan momen pemindahan pusat kerajaan ini yang diawali oleh Geger Pecinan.

Jalannya Kirab Boyong Kedaton

Dikutip dari Kompas.com, Selasa (14/2/2023), masyarakat bisa menyaksikan Kirab Boyong Kedaton pada Jumat (17/2/2023) mulai pukul 15.00 WIB.

Baca juga: 7 Taman di Solo Buat Nongkrong, Ada yang Baru Diresmikan

Masyarakat bisa melihat peserta kirab di rute yang dilalui, yakni dari Koridor Gatoto Subroto-Jalan Slamet Riyadi-Balai Kota Surakarta.

Ilustrasi kirab budaya Boyong Kedaton, acara tahunan untuk merayakan ulang tahun Kota Solo.Dok. Wikimedia Commons/Dzakyman27 Ilustrasi kirab budaya Boyong Kedaton, acara tahunan untuk merayakan ulang tahun Kota Solo.

Kirab nantinya akan diikuti beragam peserta, terutama dari pihak Keraton Surakarta, seperti prajurit, putra mahkota, dan keluarga keraton.

Bagi masyarakat yang hendak ada keperluan dan harus melintasi rute kirab pada sore hari, sebaiknya cari jalur alternatif.

Baca juga: 9 Wisata di Solo Gratis, Ada Taman hingga Benteng Peninggalan Belanda

Itu karena jalan akan disterilkan dari kendaraan untuk sementara ketika acara Kirab Boyong Kedaton dimulai.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com