Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menparekraf: Persiapan F1 PowerBoat di Danau Toba Sudah Optimal

Kompas.com - 21/02/2023, 06:12 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Persiapan F1 Powerboat atau balap perahu super cepat yang akan berlangsung mulai Jumat (24/2/2023) hingga Minggu (26/2/2023) di Danau Toba, Sumatera Utara, dilaporkan sudah memasuki tahap akhir dan berjalan optimal.

"Memasuki tahap akhir, semua persiapannya sudah optimal dan maksimal," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing secara daring, Senin (20/2/2023).

Baca juga:

Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terkait guna memastikan sejumlah hal berjalan dengan lancar.

"Per hari ini (20/2/2023) juga kita sedang memfasilitasi site visit (kunjungan ke lokasi) dari beberapa famtrip (familiarization trip atau perjalanan umumnya ke tempat wisata baru) untuk meramaikan agar F1 Powerboat ini sukses," tutur dia.

Baca juga: F1 Powerboat di Danau Toba, 2.000 Tiket Ludes dalam 23 Menit

Danau Toba menjadi destinasi wisata super prioritas. 
Shutterstock/E2DAN Danau Toba menjadi destinasi wisata super prioritas.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga juga memaparkan bahwa 20 pembalap dari 10 tim yang berasal dari enam negara akan segera tiba untuk berkompetisi di ajang tersebut.

"Site visit dari tim F1 PowerBoat telah dilakukan, mereka menilai kelaikan dan kelayakan perairan akses pendukung sudah dilakukan," katanya.

Baca juga:

Sementara itu, dari sisi kesiapan sumber daya manusia (SDM) yang terlibat selama acara nanti, mereka juga telah mendapat pelatihan untuk menerima tamu-tamu, baik tamu nusantara maupun mancanegara.

Terakhir, ia mengungkapkan bahwa terjadi sedikit peningkatan biaya akomodasi di sekitar lokasi F1 PowerBoat, namun pihaknya sudah mengeluarkan panduan untuk mengantisipasi kenaikan biaya.

"Harga-harga hotel agak meningkat, tapi kami berikan panduan agar tidak terlalu naik harganya secara signifikan," tutup dia.

Baca juga: 5 Wisata Air Terjun Dekat Danau Toba, Cocok bagi Petualang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com