Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Jelang F1 PowerBoat Danau Toba, Menparekraf Sandiaga: Persiapan Sudah Optimal dan Maksimal

Kompas.com - 21/02/2023, 14:31 WIB
Inang Sh ,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, persiapan pelaksanaan F1 PowerBoat Danau Toba sudah berjalan optimal menjelang event.

"Semua persiapan sudah maksimal dan optimal dan berjalan sesuai rencana, khususnya main venue yang berada di area Pelabuhan Muliaraja Napitupulu dan Lapangan Sisingamangaraja, Balige," ujarnya dalam The Weekly Briefing With Sandi Uno di Gedung Sapta Pesona, Senin, (20/2/2023).

"Baik Wet Paddock maupun Dry Paddock sudah memasuki persiapan tahap akhir termasuk tribun penonton yang sudah terpasangi kursi,” tambahnya.

Sementara itu, kata Sandiaga, kesiapan Balige sebagai venue utama dan Pelabuhan Belawan sebagai pintu gerbang masuknya race equipment juga telah optimal. Aksesibilitas kedua tempat ini merupakan aspek utama penilaian H2O Racing—penyelenggara kejuaraan—sehingga perhelatan F1 PowerBoat dapat digelar di Danau Toba.

Adapun Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 atau F1 PowerBoat Danau Toba akan berlangsung di Balige, Sumatera Utara pada Jumat (24/2/2023)-Minggu (26/2/2023).

Baca juga: F1 PowerBoat di Danau Toba Siap Digelar, Sandiaga: Dapat Tarik Kunjungan 25.000 Wisatawan

Menparekraf Sandiaga menyebutkan bahwa untuk memastikan persiapakan berjalan optimal, pihaknya telah berkoordinasi di bawah arahan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali selaku Ketua Panitia Pelaksana Pusat F1 PowerBoat Lake Toba. Koordinasi ini difasilitasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves),

Sandiaga juga memastikan bahwa kesiapan sumber daya manusia (SDM) setempat sudah on the track.

Buktinya, Kementerian Pariwisata dan Eknomi Kreatif (Kemenparekraf) telah melakukan berbagai pelatihan SDM bagi masyarakat sekitar Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba, mulai dari hospitality, sadar wisata, branding produk ekraf, hingga literasi keuangan.

Untuk persiapan aksesibilitas, amenitas, dan fasilitas penunjang lainnya, Mantan Wakil Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta itu memastikan bahwa hal ini sudah disiapkan dengan baik.

Baca juga: F1 Powerboat di Danau Toba, 2.000 Tiket Ludes dalam 23 Menit

Tidak hanya itu, kata Sandiaga, Kemenparekraf juga memastikan semua pihak siap aktif berkolaborasi untuk menyambut para pembalap, kru F1 PowerBoat, dan wisatawan.

Adapun untuk penyelenggaraan F1 PowerBoat Lake Toba, Kemenparekraf memberikan berbagai dukungan program, seperti memfasilitasi site visit tim H2O Racing sebagai promotor F1 PowerBoat World Championship ke Danau Toba pada April 2022.

Site visit tersebut dilakukan untuk menilai kelayakan perairan dan fasilitas pendukung di venue F1 PowerBoat.

“Sebagai event sport tourism, kami sangat mengapresiasi dan mendukung F1 PowerBoat Lake Toba sebagai upaya meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan mendorong pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) ke Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Danau Toba,” ujarnya.

Agar semua itu berjalan lancar, Kemenparekraf bahkan memfasilitasi monitoring kesiapan akomodasi bagi wisatawan yang akan berkunjung.

Baca juga: Menparekraf: Persiapan F1 PowerBoat di Danau Toba Sudah Optimal

Kemenparekraf juga menyiapkan travel pattern dan paket wisata, promosi, serta publikasi melalui berbagai kanal, mulai dari owned media, paid media, serta aktivasi, seperti pelaksanaan famtrip bagi media dan duta besar (dubes) kawasan Afrika Utara dan Timur Tengah.

Dukungan dari Kemenparekraf lainnya adalah menghadirkan side event, mulai dari acara budaya, nonton bareng (nobar) yang dilaksanakan di titik-titik keramaian, dan touring komunitas ID42NER ke Danau Toba untuk memeriahkan F1 PowerBoat yang diikuti 50 mobil dengan 78 peserta.

“Kami berkolaborasi dengan Radio Kardopa dalam menyelenggarakan nonton bersama yang akan dilaksanakan di Pos Block Medan dan Champion Cafe Medan pada tanggal 26 Februari 2023,” ujar Menparekraf.

Baca juga: Tinggal Dibersihkan, Venue F1H20 di Danau Toba Beres Dibangun

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com