Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 22/02/2023, 11:33 WIB
Melvina Tionardus,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selama ini, Hong Kong mungkin lebih dikenal sebagai destinasi belanja dan kuliner.

Namun, ternyata Hong Kong secara perlahan terus memperkaya pilihan wisatanya dengan menghadirkan destinasi wisata seni modern.

Baca juga: Ingin Berwisata ke Hong Kong, Apakah Perlu Visa?

Karya yang ditampilkan tidak hanya dari seniman dalam negeri, tetapi juga internasional.

Berikut ini 5 rekomendasi tempat wisata seni modern yang sempat Kompas.com kunjungi pada pertengahan Februari 2023 bersama Hong Kong Tourism Board.

Tempat wisata seni di Hong Kong

1. K11 Musea

K11 Musea adalah pusat perbelanjaan produk merek ternama di kawasan Tsim Sha Tsui, Kowloon yang dibuka sejak 2019. Di sisi belakang K11 Musea yang berhadapan dengan laut ada kawasan pejalan kaki Avenue of Stars.

Langit dalam gedung pusat perbelanjaan dan pameran seni K11 Musea yang sarat dengan nilai seni dan berbagai model arsitektur, Rabu (16/2/2023).KOMPAS.com/ MELVINA TIONARDUS Langit dalam gedung pusat perbelanjaan dan pameran seni K11 Musea yang sarat dengan nilai seni dan berbagai model arsitektur, Rabu (16/2/2023).

Dahulu lokasi K11 Musea ini bernama Holt's Wharf yang tahun 1910 beroperasi sebagai dermaga kargo dan logistik di area Selat Victoria.

"Nama K11 Musea terinsipirasi dari kalimat A Muse by the Sea," kata pihak pemandu tur dari K11 Musea, Veronicha, Kamis (16/2/2023).

Tidak hanya sebagai pusat perbelanjaan, K11 Musea didesain dengan arsitektur penuh nilai seni.

Mulai dari pintu masuknya yang bergaya Timur Tengah, lalu langit dalam gedung yang terdiri dari desain galaksi kosmos, katedral klasik, eskalatornya yang seperti akar, hingga lampu chandelier model Victoria klasik.

Baca juga: Memandangi Hong Kong dari Avenue of Stars, Penuh Gedung Megah Mengagumkan

Hampir di setiap lantai K11 Musea juga terdapat instalasi pameran seni.

Salah satunya karya seniman Inggris, Phyllida Barlow di lantai dasar K11 Musea yang berjudul Untitled: folly; baubles. Berupa sejumlah tiang dengan bulatan menyerupai bola berwarna abu-abu dengan coretan tinta merah, kuning, dan biru.

Tidak dipungut tiket masuk untuk pengunjung karena K11 Musea berlokasi di pusat perbelanjaan.

Waktu operasional: setiap hari pukul 10.00-22.00 waktu setempat.

2. M+

M+ merupakan museum budaya visual kontemporer berskala internasional pertama di Asia yang memamerkan budaya visual abad ke-20 dan ke-21.

Terdapat 33 galeri di museum yang terletak di kawasan West Kowloon Cultural District ini.

Pengunjung Museum M+ Hong Kong menikmati keindahan lukisan karya Yayoi Kusama di West Galery yang dalam pameran bertajuk Yayoi Kusama; 1945 to Now, Kamis (16/2/2023). Pengunjung Museum M+ Hong Kong menikmati keindahan lukisan karya Yayoi Kusama di West Galery yang dalam pameran bertajuk Yayoi Kusama; 1945 to Now, Kamis (16/2/2023).

Salah satu pameran spesial yang ada di M+ ialah karya seni bertajuk Yayoi Kusama: 1945 to Now dengan lebih dari 200 koleksi seni.

Karya-karya seniman terkenal asal Jepang ini sudah mulai dipamerkan sejak 12 November 2022 dan akan berakhir tanggal 14 Mei 2023.

Ini menjadi pameran kilas balik (retrospeksi) terbesar di Asia di luar Jepang atas karya-karya Yayoi Kusama dalam tujuh dekade terakhir.

"Pengunjung bisa merasakan bagaimana Yayoi Kusama menjadi ikon budaya dunia dengan menciptakan karya berpengaruh sampai hari ini," kata kurator Isabella Tam di M+, Kamis (16/2/2023).

Baca juga: Pertama Kali ke Hong Kong, Jangan Lupa Bawa 6 Barang Ini

Tiket masuknya terbagi menjadi dua jenis, general admission dan special exhibition. Untuk melihat karya Yayoi Kusama, pengunjung harus membeli tiket special exhibition.

Tiket masuk dapat dibeli melalui situs M+ atau langsung di tempat. Pengunjung anak usia 0-6 tahun tidak perlu membayar tiket masuk.

Berikut rincian harga tiketnya:

  • General admission 120 dollar Hong Kong atau sekitar Rp 232.000 (untuk pelajar, anak usia 7-11 tahun, lansia 60 tahun ke atas, dan disabilitas bersama pendamping seharga 60 dollar Hong Kong atau sekitar Rp 116.000)
  • Special exhibition 240 dollar Hong Kong atau sekitar Rp 465.000 (untuk pelajar, anak usia 7-11 tahun, lansia 60 tahun ke atas, dan disabilitas bersama pendamping seharga 150 dollar Hong Kong atau sekitar Rp 290.000)

Waktu operasional: Selasa-Kamis dan Sabtu-Minggu pukul 10.00-18.00, sementara Jumat pukul 10.00-22.00.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas.com (@kompascom)

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com