Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

16 Wisata Ciamis, Ada Kampung Seribu Pantangan dan Jembatan Kaca

Kompas.com - 23/02/2023, 14:02 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Kabupaten Ciamis merupakan wilayah di Jawa Barat yang memiliki beragam wisata. Mulai dari wisata alam, sejarah, budaya, wisata buatan, taman hiburan, dan lainnya.

Secara geografis, Kabupaten Ciamis berada di bagian tenggara Provinsi Jawa Barat. Berikut wisata Ciamis seperti dihimpun Kompas.com.

Baca juga: Ciamis Terkenal Kota Apa? Ketahui 5 Fakta Menariknya 

1. Kampung Adat Kuta

Kampung Adat Kuta dijuluki sebagai Kampung Seribu Pantangan, seperti dikutip dari laman Dinas Pariwisata Kabupaten Ciamis. Lokasi Kampung Kuta berada di Desa Karangpaningal, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis.

Dari pusat kota Kabupaten Ciamis, jaraknya sekitar 45 km, perbatasan antara Jawa Barat dengan Jawa Tengah.

Baca juga: Jawa Barat Fokus Garap Desa Wisata untuk Gaet Turis Asing

Kampung Kuta letaknya berada di lembah curam sedalam kurang lebig 75 meter. Keindahan geografis dari Kampung Seribu Pantangan ini yaitu adanya tebing dan perbukitan yang mengelilingi.

Kampung Seribu Pantangan sudah menjadi salah satu destinasi wisata andalan dari Kabupaten Ciamis. Hal menarik selain keindahan alam yang ada di kampung ini adalah budayanya.

Masyarakat Kampung Kuta masih sangat memegang teguh budaya pamali (tabu). Tujuannya adalah untuk menjaga keseimbangan dengan alam dan tananan hidup bermasyarakat.

2. Wana Wisata Grand Sayang Kaak

Wana Wisata Grand Sayang Kaak merupakan area wisata seluas 3 hektar, seperti dikutip dari laman Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis. Area wisata ini menawarkan panorama alam perbukitan serta aneka wahana.

Mengutip Tribun Jabar, wahana di Wana Wisata Grand Sayang Kaak antara lain mini trail, jeep offroad, ATV, flying fox, dan berbagai spot foto Instagramable bertema alam. 

Baca juga: 12 Masjid Terbesar di Jawa Barat, Terbaru Ada Al Jabbar

Pengunjung juga bisa menggelar outbond atau camping di Wana Wisata Grand Sayang Kaak. Khusus untuk offroad, pengunjung harus memesan lebih dulu sebelum datang ke lokasi wisata

Lokasinya berada di di Dusun Cikatomas, Desa Handapherang, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis.

3. Jembatan kaca Grand Sayang Kaak

Jembatan kaca Wana Wisata Grand Sayang Kaak, tempat wisata di Ciamis jembatan kaca
Dok. Instagram @iky_natuna Jembatan kaca Wana Wisata Grand Sayang Kaak, tempat wisata di Ciamis jembatan kaca

Jembatan kaca merupakan wahana populer di Wana Wisata Grand Sayang Kaak. Obyek wisata ini menawarkan sensasi kegiatan yang menguji adrenalin.

Sebab, pengunjung yang ingin berfoto harus berdiri di atas kaca yang tembus pandang ke jurang di bawahnya.

Baca juga: Wisata Ciamis Jembatan Kaca, Uji Nyali di Tepi Jurang

Jembatan kaca ini berbentuk teras persegi panjang, dengan panjang sekitar  5 meter dan lebar 3 meter. Daya tarik spot foto ini adalah lokasinya berada di atas jurang kurang lebih kedalaman sekitar 8 meter.

Berdiri di atas lantai kaca, pengunjung bisa melihat pemandangan jurang di bawahnya. Dari kejauhan, pengunjung juga bisa menyaksikan panorama Sungai Citanduy dan pembangunan Bendungan Leuwi Keris.

4. Jembatan Cirahong

Lorong Jembatan rel Cirahong penghubung Tasikmalaya-Ciamis via Manonjaya ditutup total untuk motor dan pejalan kaki selama 2 bulan karena ada perbaikan berkala jembatan oleh PT KAI, Kamis (3/11/2022).dok. PT KAI Daop 2 Bandung Lorong Jembatan rel Cirahong penghubung Tasikmalaya-Ciamis via Manonjaya ditutup total untuk motor dan pejalan kaki selama 2 bulan karena ada perbaikan berkala jembatan oleh PT KAI, Kamis (3/11/2022).

Jembatan Cirahong merupakan jembatan ikonik di Kabupaten Ciamis yang menjadi destinasi wisata. Penumpang kereta api jarak jauh rute Bandung-Surabaya pasti akan melalui jembatan dari baja dan kayu ini.

Mengutip laman KAI Heritage, Jembatan Cirahong memiliki keunikan yakni dapat dilalui kereta api di bagian atasnya, sedangkan bagian bawahnya bisa dilalui mobil, motor, dan sepeda.

Jembatan sepanjang 202 meter ini melintang di atas Sungai Citandui. Keunikan bangunan Jembatan Cirahong berpadu dengan panorama Sungai Citandui dan pepohonan serta persawahan hijau di sekitarnya.

Baca juga: 19 Budaya Jawa Barat Jadi Warisan Budaya Takbenda 2022, Ada Doclang

5. Curug Tujuh Cibolang 

Kabupaten Ciamis memiliki beberapa obyek wisata air terjun dengan panorama indah. Salah satunya adalah Curug Tujuh Cibolang yang berada di Desa Sandingtaman, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis.

Mengutip dari laman Perhutani, curug ini juga dikenal sebagai Curug Tujuh karena memiliki tujuh aliran air terjun yang lokasinya tidak berjauhan. Ketinggian curug antara 15 meter hingga 120 meter.

Untuk menuju lokasi curug, pengunjung harus mengitari bukit, menapaki jalan setapak sampai ke lokasi air terjun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com