Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Kecelakaan di Gunung, APGI Rilis Tingkat Kesulitaan Jalur Pendakian

Kompas.com - 24/02/2023, 09:09 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Asosiasi Pemandu Gunung Indonesia (APGI) merilis metode dan perhitungan grading atau kelas yang menggambarkan tingkat kesulitan setiap jalur pendakian gunung di Indonesia.

Tingkat kesulitaan jalur pendakian gunung tersebut merupakan salah satu poin penting yang dihasilkan saat rapat kerja nasional (rekernas) APGI di Surabaya pada 16-17 Februari 2023.

"Diharapkan nantinya grading jalur pendakian gunung ini dapat dijadikan referensi bagi para pendaki lokal maupun mancanegara supaya mengenal batas kemampuan dirinya dan bisa mendaki secara aman nyaman," kata Ketua Umum APGI Rahman Mukhlis dalam rilis yang Kompas.com terima, Kamis (23/2/2023).

Baca juga:

Penentuan grading untuk setiap jalur pendakian gunung ini dilakukan karena melihat maraknya tren pendakian gunung di Indonesia.

Tingginya angka kecelakaan pendakian gunung di Indonesia

Sayangnya, tingginya minat pendaki gunung di Indonesia  berbanding lurus dengan angka kecelakaan pendakian gunung yang terjadi.

Belakangan, penyebab kecelakaan pendakian gunung diketahui berasal dari kurangnya persiapan ataupun kemampuan pendaki untuk memahami lokasi tujuan sebelum melakukan pendakian.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

 

Selama ini diketahui bahwa jalur pendakian di Indonesia belum memiliki standar yang menggambarkan tingkat kesulitan setiap jalur pendakian. 

Informasi seputar tingkat kesulitan jalur pendakian ini dinilai penting karena bisa menjadi acuan bagi calon pendaki dalam mempertimbangkan antara batas kemampuan diri dan jalur pendakian yang dipilih.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com