Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Wisata Gratis di Ubud, Bisa Kunjungi Tempat Populer

Kompas.com - 25/02/2023, 12:48 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Ubud merupakan daerah wisata populer di Bali yang terkenal akan keindahan alam, seni, dan budaya. Ada beberapa tempat wisata di Ubud gratis, jadi pengunjung tidak dikenakan tiket masuk.

Wisata gratis di Ubud sangat cocok bagi budget traveler. Meskipun gratis, wisatawan masih bisa mengujungi tempat populer di Ubud, seperti bukit, pura, istana, sawah terasering, dan pasar seni.

Baca juga: 10 Wisata Budaya di Ubud, Bisa Lihat Tari Tradisional Bali

Ilustrasi Bali - Pura Taman Saraswati di Gianyar.SHUTTERSTOCK/PELIKH ALEXEY Ilustrasi Bali - Pura Taman Saraswati di Gianyar.

Wisata gratis di Ubud

Berikut wisata gratis di Ubud yang dirangkum Kompas.com.

1. Bukit Campuhan

Bukit Campuhan di Ubud, Bali. Bali masih menjadi destinasi domestik terfavorit orang Indonesia.Indonesia Travel Bukit Campuhan di Ubud, Bali. Bali masih menjadi destinasi domestik terfavorit orang Indonesia.

Bukit Campuhan ada kawasan perbukitan hijau di Ubud yang terkenal sebagai salah satu spot foto Instagramable. Lokasinya berada di Jalan Bangkiang Sidem, Ubud, Kabupaten Gianyar.

Mengutip Kompas.com (28/12/2016), Bukit Campuhan terletak dalam satu kawasan dengan Pura Gunung Lebah. Wisatawan yang hendak mengunjungi Bukit Campuhan bisa masuk dari gerbang Ibah Villas & Suites.

Baca juga: 15 Wisata Ubud Bali dan Sekitarnya, Kaya Akan Budaya dan Alam

Pendakian ke puncak bukit memakan waktu sekitar 15-20 menit dengan jalur yang ramah pemula. Waktu terbaik mengunjungi Bukit Campuhan adalah pagi dan senja sehingga wisawatan bisa menyaksikan panorama sunrise dan sunset.

2. Pura Taman Saraswati

Pintu gerbang candi Hindu di Bali, Pura Taman Saraswati.Wikimedia Commons/Arabsalam Pintu gerbang candi Hindu di Bali, Pura Taman Saraswati.

Pura Taman Saraswati merupakan kompleks tempat ibadah umat Hindu sekaligus destinasi wisata religi, seni, dan budaya. Seperti namanya, pura ini didirkan untuk menghormati Dewi Saraswati berdasarkan kepercayaan umat Hindu, dikutip dari Kompas.com, Senin (23/09/2019).

Pada waktu tertentu, pengunjung dapat menyaksikan umat Hindu bersembahyang di Pura Taman Saraswati. Selain itu, terdapat pementasan Tari Kecak di Pura Taman Saraswati pada momen tertentu.

Baca juga: Monkey Forest Ubud: Jam Buka, Harga Tiket, dan Aktivitas

Daya tarik pura ini adalah bangunan bergaya arsitektur khas Bali dan kolam teratai di halaman yang menambah eksotisme bangunan pura. Lokasinya berada di Jalan Kajeng, Ubud, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar.

3. Desa Petulu 

Daya tarik Desa Petulu adalah keberadaan ribuan bangau terbang di atas area persawahan dan pohon. Jenis burung bangau tersebut adalah bangau putih, atau dikenal dengan nama kokoan oleh masyarakat Bali.

Waktu terbaik melihat kelompok kokoan tersebut adalah sore hari lantaran jumlahnya lebih banyak. Lokasi Desa Petulu berjarak sekitar 2,8 kilometer (km) dari pusat Ubud, dengan waktu tempuh selama 10 menit berkendara.

Wisatawan yang ingin melihat burung kokoan di Desa Petulu tidak dipungut biaya.

Baca juga: Ubud Raih Peringkat 3 Kota Terbaik di Dunia, Kalahkan Tokyo dan Seoul

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com