Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Kemenparekraf Adakan Nobar Ajang F1 PowerBoat untuk Masyarakat Sekitar Danau Toba

Kompas.com - 25/02/2023, 17:19 WIB
Erlangga Satya Darmawan,
Anissa DW

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) mengadakan kegiatan nonton bareng (nobar) ajang balap perahu berkecepatan tinggi F1 PowerBoat di The Kaldera Toba, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba, Sumatera Utara (Sumut).

Sebagai informasi, ajang F1 PowerBoat 2023 digelar di Kecamatan Balige, Kabupaten Toba, pada Jumat (24/2/2023) hingga Minggu (26/2/2023).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, kegiatan nobar yang diinisiasi oleh Kemenparekraf dan Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPOTD) tersebut bertujuan untuk mendukung dan memeriahkan pelaksanaan event yang berada di kawasan destinasi pariwisata super prioritas (DPSP).

Baca juga: Intip Kesiapan Warga Desa di Balige, Toba Sambut Perhelatan F1 Powerboat

"Acara nobar juga diadakan untuk mengakomodasi masyarakat sekitar kawasan Danau Toba yang ingin menyaksikan F1 PowerBoat, tetapi tidak bisa masuk ke kawasan Balige," ujar Sandiaga dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Sabtu (25/2/2023).

Adanya ajang F1 PowerBoat, tambah Sandiaga, memiliki manfaat besar lantaran bisa menggeliatkan perekonomian masyarakat di kawasan Ajibata dan sekitarnya.

Oleh karena itu, Sandiaga pun berharap jika perekonomian masyarakat di kawasan Danau Toba dan sekitarnya bisa kembali bangkit.

“Ajang ini juga jadi kesempatan untuk masyarakat dalam membuka peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya," jelasnya.

Baca juga: Keindahan Danau Toba Bikin Kagum Juara Dunia F1 Powerboat

Sementara itu, Direktur Pemasaran Pariwisata BPODT Wahyu Dito Galih Indharto menjelaskan bahwa selain untuk mengakomodasi keinginan warga yang ingin menyaksikan F1 PowerBoat, acara nobar dilaksanakan sebagai upaya mencegah terjadinya penumpukan pengunjung di Balige.

Kegiatan nobar dimulai setiap pukul 15.00 Waktu Indonesia Barat (WIB) hingga 20.00 WIB.

Adapun untuk mendukung kegiatan tersebut, panitia menyediakan layar proyektor dengan ukuran 3x5 meter bagi sekitar 2.000 penonton.

Selain itu, panitia juga menyiapkan berbagai atraksi pendukung dan akomodasi tambahan bertemakan alam dengan konsep camping ground di Toba Caldera Resort.

"Kami mengadakan berbagai side event bagi para pengunjung di The Kaldera, seperti street magician, standup comedy, festival kuliner, live music, dan penampilan disc jockey (DJ). Para pengunjung juga akan dimanjakan dengan pemandangan sunset yang indah dari kawasan The Kaldera Toba,” terang Wahyu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com