Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pantai Kelingking di Bali Masuk Daftar Pantai Terbaik di Dunia 2023

Kompas.com - 28/02/2023, 22:13 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Pantai Kelingking atau Kelingking Beach di Nusa Penida, Bali, ada di peringkat ke-16 dari daftar 25 Best Beaches in The World atau Best of the Best Beaches (pantai terbaik di dunia) 2023.

Daftar ini merupakan bagian dari penghargaan Travelers' Choice Awards 2023 dari situs perjalanan TripAdvisor.

Baca juga:

"Dibatasi oleh tebing tinggi nan curam, perairan berwarna biru kehijau-hijauan dirangkul oleh pantai putih halus dengan panorama yang luar biasa. Rasanya seperti surga di dunia," bunyi salah satu ulasan mengenai Pantai Kelingking dari laman resmi penghargaan tersebut, dikutip Selasa (28/2/2023).

Dilaporkan oleh Kompas.com, Jumat (25/6/2021), nama Pantai Kelingking diberikan lantaran pintu masuknya berada di tebing dengan bukit memanjang dan menjorok ke arah laut, atau terlihat mirip kelingking.

Selain itu, tebing di Pantai Kelingking kerap disebut menyerupai anak ikan paus yang berbaring atau menyerupai leher Tyrannosaurus Rex.

Baca juga: Pantai di Bali Masuk 5 Besar Pantai Terbaik di Asia 2023

Ilustrasi Pantai Baia do Sancho di Brasil yang jadi pantai terbaik di dunia versi TripAdvisor.Dok. Wikimedia Commons Ilustrasi Pantai Baia do Sancho di Brasil yang jadi pantai terbaik di dunia versi TripAdvisor.

Sementara itu, di peringkat pertama dalam daftar Best Beaches in the World 2023 adalah Pantai Baia do Sancho di Brasil.

Pantai ini disebut berlokasi cukup terpencil, bahkan wisatawan harus menuruni anak tangga dan berjalan di jalur berbatu untuk sampai di Pantai Baia do Sancho.

Baca juga: Asita Bali Bantah Praktik Jual Beli Kepala Turis China

Selanjutnya di peringkat kedua ada Eagle Beach di Aruba, disusul oleh Cable Beach di Australia di peringkat ketiga, Reynisfjara Beach di Islandia di peringkat keempat, dan Grace Bay Beach di Kepulauan Turks dan Caicos di peringkat kelima.

Metodologi

Digelar setiap tahun, Travelers' Choice Awards memberi penghargaan kepada destinasi, hotel, restoran, dan aktivitas favorit pelaku perjalanan di seluruh dunia. 

Penghargaan ini berdasarkan kualitas dan kuantitas ulasan serta pemeringkatan di TripAdvisor yang dihimpun dalam 12 bulan (1 Januari 2022-31 Desember 2022), ditambah proses editorial. 

Baca juga: 10 Wisata Budaya di Ubud, Bisa Lihat Tari Tradisional Bali

Untuk dapat turut serta dalam penghargaan ini, properti, bisnis, destinasi, atau daya tarik suatu tempat harus sudah bergabung dalam TripAdvisor setidaknya 12 bulan.

Mereka juga harus menerima ulasan dalam jumlah ambang batas dalam periode evaluasi penghargaan tersebut, dan harus mempertahankan atau melampaui penilaian minimum di Tripadvisor.

Baca juga: 5 Fakta Pasar Seni Sukawati di Bali yang Baru Diresmikan Jokowi

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com