Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Julukan Negara Filipina, Ada Lumbung Padi Asia Tenggara

Kompas.com - 01/03/2023, 10:13 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Filipina merupakan negara kepulauan yang memiliki lebih dari 7.000 pulau, termasuk 11 pulau besar. Ibu kota Filipina adalah Manila yang berada di Pulau Luzon, pulau terbesar di negara itu.

Filipina merupakan salah satu negara anggota Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara atau Association of Southeast Asian Nations (ASEAN).

Baca juga: Julukan Negara Myanmar The Land of  Golden Pagodas, Apa Artinya? 

Sebagai negara kepulauan, negara ini menempati peringkat kelima garis pantai terpanjang di dunia, seperti dikutip dari Tribun Travel (30/11/2022).

Tak heran, jika negara ini memiliki jajaran pantai indah seperti Pantai Barocay, El Nido, Pulau Coron, Pulau Samal, dan lainnya.

Baca juga: 3 Destinasi di Filipina yang Cocok untuk Solo Traveling

El Nido di Pulau Palawan, Filipina. Terkenal dengan pasir putih dan terumbu karang.UNSPLASH/EIBNER SALIBA El Nido di Pulau Palawan, Filipina. Terkenal dengan pasir putih dan terumbu karang.

Julukan negara Filipina

Filipina memiliki beberapa julukan yang menggambarkan keindahan dan kondisi negara tersebut. Berikut ulasannya seperti dirangkum oleh Kompas.com.

1. Pearl of the Orient Seas

Secara harfiah, Pearl of the Orient Seas berarti mutiara laut dari Orien atau mutiara laut dari timur, seperti dikutip dari Kompas.com (8/2/2021). 

Julukan ini diberikan oleh bangsa Eropa, khususnya Spanyol saat datang ke Filipina pada abad ke-18. Kala itu, bangsa Eropa menggunakan nama orien untuk menyebut negara yang terletak di bumi bagian timur.

Baca juga: 3 Destinasi di Filipina yang Paling Pas Buat Wisata Halal

Pemandangan udara Pulau Miniloc, El Nido, Palawan, Filipina dengan perahu selam di atas terumbu karang yang dikelilingi oleh tebing gunung berbatu kapur karst. Wisata bahari di Filipina menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan asing.SHU/IGOR TICHONOW Pemandangan udara Pulau Miniloc, El Nido, Palawan, Filipina dengan perahu selam di atas terumbu karang yang dikelilingi oleh tebing gunung berbatu kapur karst. Wisata bahari di Filipina menjadi salah satu daya tarik bagi wisatawan asing.

Melansir dari laman Love for Travelling, julukan Pearl of the Orient Seas sudah diberikan kepada negara itu sejak 1750-an. Julukan itu diberikan lantaran Filipina memiliki keindahan alam yang luar biasa.

Bahkan, Manila dianggap sebagai kota terindah di Asia hingga Perang Dunia II. Sayangnya, saat perang terjadi, ibu kota Manila itu terdampak bom sehingga porak-poranda.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com