Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Moskwa Buka Jalur Kereta Bawah Terpanjang di Dunia

Kompas.com - 02/03/2023, 12:11 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Xinhuanet

KOMPAS.com - Moskwa, Rusia, membuka jalur kereta bawah tanah terpanjang di dunia.

Jalur kereta yang diberi nama Big Circle Line (BCL) itu membentang sepanjang 70 kilometer, seperti dikutip dari Xinhua.

BCL memiliki 31 stasiun. Sebanyak 24 stasiun di antaranya memiliki 47 persimpangan ke stasiun metro yang sudah ada dan yang akan datang.

Baca juga:

Wakil Wali Kota Moskwa untuk transportasi, Maksim Liksutov, mengatakan, BCL akan difungsikan sebagai pendukung pembangunan ibu kota selama beberapa dekade mendatang.

Logo Big Circle Line terlihat di sebuah kereta api di Moskow, Rusia, pada 1 Maret 2023. Moskow pada Rabu membuka Big Circle Line (BCL) sepanjang 70 km, jalur kereta bawah tanah terpanjang di dunia.XINHUA/ALEXANDER ZEMLIANICHENKO Logo Big Circle Line terlihat di sebuah kereta api di Moskow, Rusia, pada 1 Maret 2023. Moskow pada Rabu membuka Big Circle Line (BCL) sepanjang 70 km, jalur kereta bawah tanah terpanjang di dunia.

Transportasi anyar ini diharapkan dapat membantu mengurangi arus lalu lintas di jalan protokol kota hingga 15 persen dan mengurangi kepadatan jalur meteo hingga 25 persen.

Baca juga: 10 Negara Penghasil Emas Terbesar di Dunia, Ada Indonesia dan Rusia

Adapun jalur metro sudah dibangun sejak 2011 hingga 2022. Bagian pertama BCL dibuka pada 2018, sedangkan 20 kilometer lainnya atau bagian terpanjang dalam sejarah metro Moskwa diluncurkan pada Desember 2021.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Xinhuanet


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com