Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Lengkap ke Kampoeng Gallery, Hidden Gem di Jakarta Selatan

Kompas.com - 04/03/2023, 11:38 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Buat kamu yang suka nuansa 1990-an, bisa coba mampir ke kafe unik bernama Kampoeng Gallery. Lokasinya tak jauh dari pintu keluar Stasiun Kebayoran, Jakarta Selatan.

Tempat ini akrab dengan nuansa vintage lewat barang-barang lawas, seperti majalah tempo dulu dan piringan hitam dari penyanyi-penyanyi legendaris era 1990-an.

Baca juga:

Kata pemiliknya, Ivan Moningka, sejak didirikan tahun 2010, Kampoeng Gallery dibangun untuk mewadahi hobinya itu.

"Kampoeng Gallery itu saya dirikan karena hobi, yang mana saya sangat menyukai kultur Indonesia dan barang-barang Indonesia zaman dulu. Itu (barangnya) sudah hampir hilang," kata dia kepada Kompas.com di lokasi, Kamis (23/2/2023).

Kecintaan Ivan pada dunia literasi melatari pembangunan Kampoeng Gallery. Pengunjung pun bisa membaca aneka buku dari masa ke masa, yang hampir memenuhi seluruh dinding bangunan.

"Makanya ada banyak banget buku yang saya koleksi, dari majalah, tabloid, novel, sampai koran, semua saya taruh di sini," ucapnya.

Nah, buat kamu yang ingin datang berkunjung, simak panduan lengkap ke Kampoeng Gallery berikut.

Jam buka, tiket masuk, dan alamat Kampoeng Gallery

Suasana Kampoeng Gallery, hidden gem di Jakarta Selatan.Kompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Suasana Kampoeng Gallery, hidden gem di Jakarta Selatan.

Kampoeng Gallery buka mulai pukul 11.00 WIB sampai 23.00 WIB setiap hari. Alamatnya ada di Jalan Mesjid Al-Huda nomor 1, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Letaknya cukup tersembunyi di antara deretan kios-kios, dan agak masuk ke dalam. Jika tidak teliti, mungkin kamu akan melewatkan plang kecil bertuliskan "Kampoeng Gallery".

Tidak ada biaya tiket masuk di Kampoeng Gallery, pengunjung bisa memesan menu apa saja yang tercantum sebagai peneman nongkrong, atau sembari membaca koleksi buku-buku di sini.

Pembayaran makanan dan minuman di Kampoeng Gallery pun bisa dilakukan baik secara tunai (cash) maupun non-tunai (cashless).

Baca juga: Itinerary Seharian Wisata Murah Meriah di Jakarta Selatan, Ada Ragunan

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com