Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips Pesan Tiket Kapal Buat Mudik Lebaran 2023, Jangan Beli di Calo

Kompas.com - 04/03/2023, 21:31 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Calon pengguna jasa kapal penyeberangan ferry ASDP (Angkutan Sungai, Danau, dan Penyeberangan Indonesia Ferry), khususnya di lintas Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk, sudah bisa memesan tiket untuk mudik Lebaran 2023.

Baca juga:

Untuk itu, Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin menyampaikan lima hal penting berikut yang harus diperhatikan calon penumpang, agar perjalanan mudik dapat berjalan lancar, aman, dan nyaman.

5 tips penting memesan tiket kapal ferry

Berikut ini adalah 5 tips penting untuk memesan tiket kapal ferry untuk mudik Lebaran tahun 2023 yang telah Kompas.com rangkum:

1. Beli tiket online

Shelvy mengimbau calon pemudik untuk membeli tiket secara online melalui aplikasi dan mitra resmi ASDP.

Mobil mengantre memasuki kapal ferry di Pelabuhan Merak, Banten (KOMPAS.com/Nabilla Tashandra)
(KOMPAS.com/Nabilla Tashandra) Mobil mengantre memasuki kapal ferry di Pelabuhan Merak, Banten (KOMPAS.com/Nabilla Tashandra)

"Pastikan beli tiket online secara mandiri hanya di Website Ferizy, Aplikasi Ferizy, atau di mitra resmi ASDP, yaitu Indomaret, Alfamart, Agen BRILink, dan Agen Finpay (Delima Point)," kata Shelvy dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima, Sabtu (4/3/2023).

Sementara itu, pembayaran tiket dapat dilakukan melalui cara transfer antarbank, menggunakan uang elektronik, gerai retail, internet banking, dan metode lainnya.

2. Jangan membeli tiket di calo

Demi kenyamanan dan kelancaran perjalanan, para pemudik juga dimohon agar tidak membeli tiket melalui calo.

Baca juga: Jadwal Kapal Ferry dari Jepara ke Karimunjawa Maret 2023

Sebab, saat ini penjualan tiket kapal ferry di pelabuhan sudah ditiadakan. Calon pemudik bisa membeli tiket di aplikasi dan mitra resmi ASDP.

3. Reservasi dari jauh hari

Penjualan tiket kapal ferry periode Angkutan Lebaran 2023 telah dibuka sejak 60 hari sebelumnya. 

Kapal ferry menyeberang dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni(KOMPAS.com/Nabilla Tashandra) Kapal ferry menyeberang dari Pelabuhan Merak menuju Pelabuhan Bakauheni

Oleh karena itu, untuk menghindari antrean, calon pemudik diharuskan sudah mulai rencanakan jadwal keberangkatannya, serta memiliki tiket minimal H-1 berangkat.

4. Isi data dengan benar

Berikutnya, calon pemudik diharapkan mengisi data diri dengan lengkap dan benar untuk manifest.

Baca juga: Pertama Kali Naik Kapal Pesiar? Simak 4 Tips Ini

"Jangan gunakan data diri orang lain. Pastikan data penumpang dan kendaraan tercatat, supaya terlindungi asuransi penyeberangan," pungkasnya.

5. Jangan terlambat check-in

Terakhir, pengguna jasa yang telah membeli tiket, diminta mengatur waktu di hari -H agar tidak terlambat dan melakukan check in dua jam sebelumnya. Sebab, tiket akan kadaluarsa apabila melewati waktu jadwal masuk pelabuhan.

Kapal Ferry KMP Siginjai Jelang Berlabuh di Pelabuhan Karimunjawa.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kapal Ferry KMP Siginjai Jelang Berlabuh di Pelabuhan Karimunjawa.

"Apabila tiba di pelabuhan belum bertiket, maka kendaraan akan diputar balik keluar pelabuhan," tutur Shelvy.

Ia mengimbau calon pemudik agar menyimak kelima hal di atas, guna memperlancar pelayanan di pelabuhan selama periode Angkutan Lebaran 2023.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com