Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Daftar Julukan Negara ASEAN Serta Maknanya

Kompas.com - 05/03/2023, 18:06 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara atau Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) adalah organisasi geopolitik dan ekonomi.

Anggota ASEAN adalah negara-negara di kawasan Asia Tenggara. ASEAN berdiri pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand.

Baca juga: Indonesia Serahkan Kepemimpinan ASEAN Tourism Forum ke Laos

Baca juga: 3 Hal untuk Percepat Pemulihan Pariwisata di ASEAN

Saat ini, ASEAN memiliki 11 negara anggota. Namun, salah satu anggotanya yakni Timor Leste belum masuk secara resmi, meskipun sudah diakui sebagai anggota ASEAN ke-11 dalam KTT di Phnom Penh, Kamboja pada November 2022, seperti dikutip dari Kompas.com (11/11/2022).

Setiap negara anggota ASEAN memiliki julukan, berdasarkan keunikan dan ciri khas masing-masing bangsa.

Baca juga: ASEAN Punya Banyak Destinasi Indah yang Diakui Dunia

Julukan negara anggota ASEAN 

Berikut julukan negara anggota ASEAN seperti dihimpun oleh Kompas.com, serta makna di balik julukan tersebut.

1.  Indonesia 

 Ilustrasi destinasi wisata Raja Ampat (Dok. Shutterstock) Ilustrasi destinasi wisata Raja Ampat

Indonesia merupakan salah satu negara pendiri ASEAN yang bergabung pada 8 Agustus 1967. Julukan Indonesia adalah The Emerald of the Equator atau Zamrud Khatulistiwa.

Makna julukan Zamrud Khatulistiwa adalah keindahan batu zamrud yang dilalui garis khatulistiwa atau garis khayal lintang nol derajat yang membagi bumi menjadi dua bagian, yakni utara dan selatan. 

Baca juga: Profil Indonesia, Negara Anggota ASEAN 

Julukan itu mengacu pada kekayaan dan keindahan alam Indonesia yang melimpah ruah. Selain itu, salah satu wilayah di Indonesia yakni Pontianak, Kalimantan Barat dilalui garis khatulistiwa.

Julukan Indonesia yang populer lainnya adalah Negera Maritim karena memiliki wilayah perairan yang luas, mencapai 3.257.483 km. Bahkan, wilayah perairan Indonesia lebih luas dari total daratannya. 

Indonesia juga dijuluki Negara Kepulauan, karena memiliki sekitar 18.110 pulau berdasarkan data Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), seperti dikutip dari Kompas.com (7/3/2020).

2. Filipina

El Nido di Pulau Palawan, Filipina. Terkenal dengan pasir putih dan terumbu karang.UNSPLASH/EIBNER SALIBA El Nido di Pulau Palawan, Filipina. Terkenal dengan pasir putih dan terumbu karang.

Filipina merupakan salah satu negara pendiri ASEAN yang bergabung pada 8 Agustus 1967.

Negara ini memiliki julukan Pearl of the Orient Seas yang secara harfiah berarti mutiara laut dari Orien atau mutiara laut dari timur, seperti dikutip dari Kompas.com (8/2/2021). 

Julukan ini diberikan oleh bangsa Eropa, khususnya Spanyol saat datang ke Filipina pada abad ke-18. Kala itu, bangsa Eropa menggunakan nama orien untuk menyebut negara yang terletak di bumi bagian timur.

Baca juga: 3 Julukan Negara Filipina, Ada Lumbung Padi Asia Tenggara

Filipina juga dijuluki lumbung padi ASEAN, bersama dengan Indonesia, Thailand, Vietnam, Myanmar, dan Laos. Bahkan, Kota Los Banos di Filipina menjadi kantor pusat Institut Penelitian Padi Internasional (IRRI) yang didirikan pada 1960.

Filipina terkenal dengan metode pertanian padi pada perbukitan. Salah satu lokasi sawah padi di Filipina telah diakui sebagai warisan dunia UNESCO, yakni Rice Terraces of Cordilleras atau Teras Sawah Cordilleras, seperti dilansir dari laman World Heritage Convention UNESCO.

3. Malaysia 

Batu Caves, Malaysia.PEXELS/NICO CEZAR Batu Caves, Malaysia.

Malaysia merupakan salah satu negara pendiri ASEAN yang bergabung pada 8 Agustus 1967. Masyarakat Indonesia kerap menjuluki Malaysia sebagai Negeri Jiran.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Jiran berarti orang yang tinggal di sebelah, dekat, atau tetangga, seperti dikutip dari Kompas.com (22/2/2023). Julukan ini mengacu pada posisi geografis Malaysia yang dekat dengan Indonesia, sehingga disebut negara tetangga.

Baca juga: Malaysia Diberi Julukan Negeri Jiran, Apa Artinya?

Malaysia juga dijuluki Land of Indigenous Malay yang berarti Tanah Melayu Adat secara harfiah. Julukan ini diberikan lantaran penduduk Malaysia berasal dari etnis yang beragam.

Oleh sebab itu, etnis di Malaysia dibagi menjadi tiga kelompok besar, yakni Tionghoa, Tamil, dan Melayu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com