Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerbangan Reguler Langsung Xiamen China-Denpasar Resmi Dibuka

Kompas.com - 05/03/2023, 20:31 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penerbangan langsung (direct flight) dari China melalui Bandar Udara Gaoqi Xiamen (XMN) menuju Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai, Denpasar (DPS) telah dibuka, dengan frekuensi penerbangan setiap hari.

Penerbangan langsung Xiamen-Denpasar menjadi penerbangan reguler pertama setelah pandemi Covid-19, yang dilakukan pada Jumat (3/3/2023) lalu.

Baca juga: Pengalaman ke China Setelah Pandemi, Sulitnya Pengajuan Visa dan Ketatnya Pengecekan di Bandara

Penerbangan menggunakan pesawat Xianmen Airlines Boeing 738-800 dengan kapasitas 169 kursi. Jadwal kedatangan pesawat dari Xiamen pada pukul 23.15 dan kembali ke Xiamen pukul 00.15 WITA.

“Kedatangan wisatawan mancanegara (wisman) dari China ini berdampak positif bagi pariwisata dan perekonomian Bali," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara M Kristi Endah Murni dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Minggu (5/3/2023).

Hal ini, katanya, mengingat China merupakan salah satu potensi market bagi pariwisata di Bali.

Baca juga: Belum Bisa ke China, Banyak WNI Obati Rindu dengan ke Hong Kong-Taiwan

"Saat ini tercatat sebanyak 1.143 wisman asal China datang ke Bali sejak awal tahun 2023. Dengan adanya penerbangan reguler secara direct, tentunya akan sangat mendukung," imbuhnya. 

Dorong pemulihan sektor penerbangan

Untuk diketahui, sebelumnya di Bandar Udara I Gusti Ngurah Rai telah melayani penerbangan charter dari Shenzen (SZX)–Denpasar (DPS) seminggu sekali oleh maspakai Lion Air menggunakan pesawat Boeing 737-900.

"Kini sudah ada dua kota di China, yaitu Xiamen dan Shenzhen yang terkoneksi langsung dengan Bali melalui reguler flight dan charter flight," ujar Kristi.

Ilustrasi Bali.DOK KEMENTERIAN PARIWISATA DAN EKONOMI KREATIF Ilustrasi Bali.

Ia berharap, aksesibilitas penerbangan dari China ke Indonesia semakin mendorong pemulihan sektor penerbangan, terutama rute penerbangan internasional tak hanya di Bali, melainkan juga di kota-kota lainnya.

Adapun selain dari China, pada awal Maret 2023 lalu juga telah beroperasi penerbangan dari Jepang langsung satu kali dalam seminggu.

Baca juga: 25 Pantai Terbaik di Dunia 2023 Versi TripAdvisor, Ada dari Bali

Rutenya dari Bandar Udara Narita Tokyo (NRT) menuju Bandar Udara SAM Ratulangi Manado (MDC) pergi pulang, oleh maskapai Garuda Indonesia dengan pesawat Airbus A333 kapasitas 250 kursi.

"Dengan kolaborasi yang erat antar kementerian/lembaga dan semua stakeholders penerbangan, akan terwujud potensi konektivitas penerbangan agar kota-kota dapat terhubung dengan rute internasional".

"Sehingga mampu mendorong pemulihan sektor penerbangan di Indonesia setelah pandemi," pungkas Kristi.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com