Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 06/03/2023, 09:33 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com -  Kereta bandara di Jakarta menyediakan relasi dari Stasiun Manggarai, Stasiun BNI City, Stasiun Duri, dan Stasiun Batu Ceper menuju Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Untuk diketahui, saat ini kereta bandara Jakarta sedang dalam fase peralihan operator dari PT Railink ke PT KAI Commuter Line.

Masa peralihan diperkirakan akan berakhir pada akhir Maret 2023. Pada masa peralihan ini semua sistem operasional kereta bandara tidak mengalami perubahan.

Baca juga:

"Sistem pembelian dan pemesanan tiket, harga tiket, jumlah dan jam perjalanan masih sama. Sehingga pengguna tidak perlu khawatir untuk menggunakan kereta bandara sebaga pilihan transportasi menuju Soekarno-Hatta."

Keterangan tersebut disampaikan oleh Vice President Corporate Secretary PT KAI Commuter Line Anne Purba dalam siaran pers yang Kompas.com terima pada Minggu (5/3/2023).

Cara beli tiket kereta bandara

Dikutip dari laman resmi Railink, calon penumpang yang bingung di mana beli tiket kereta bandara, bisa membeli tiket kereta bandara di salah satu opsi berikut.

1. Website resmi Railink

Pembelian tiket kereta bandara paling umum biasanya dilakukan melalui laman website resmi Railink, yakni https://reservation.railink.co.id/id.

Laman web Railink untuk memesan tiket KA Bandara Soekarno-Hatta.Dok. Railink Laman web Railink untuk memesan tiket KA Bandara Soekarno-Hatta.

Setelah masuk ke laman resmi Railink, calon penumpang bisa langsung mengisi data keberangkatan kereta. Di antaranya yaitu data asal stasiun, tujuan stasiun, jadwal keberangkatan, dan jumlah tiket yang akan dibeli.

Calon penumpang yang membeli tiket melalui website resmi Railink akan mendapatkan tiket elektronik berisi barcode melalui email.

Baca juga: Jadwal Kereta Bandara Soekarno-Hatta per Maret 2023

Barcode tersebut nantinya akan menjadi tiket untuk tap in saat masuk dan tap out  saat keluar stasiun bandara sesuai data yang sudah diisi.

2. Aplikasi KA Bandara

Pilihan kedua tempat membeli tiket kereta bandara yaitu melalui aplikasi KA Bandara. Calon penumpang bisa mengunduh aplikasi KA Bandara di gadget.

Kereta bandara di Stasiun Batu Ceper.Shutterstock Kereta bandara di Stasiun Batu Ceper.

Sebelum membeli tiket, calon penumpang akan melakukan registrasi untuk masuk ke aplikasi tersebut.

Setelah berhasil masuk, calon penumpang bisa mengisi data keberangkatan kereta seperti pembelian di website resmi.

Baca juga: Harga Tiket Kereta Bandara Soekarno-Hatta Kelas Eksekutif dan Premium 

Tiket kereta bandara yang dipesan melalui aplikasi KA Bandara dapat dilihat di bagian "My Tickets". Tiket tersebut akan digunakan untuk akses masuk kereta bandara sesuai jadwal keberangkatan.

3. Vending Machine

Pembelian tiket kereta bandara bisa dilakukan di stasiun bandara melalui Vending Machine. Pilihan ini cocok untuk calon penumpang yang baru bisa membeli tiket setelah sampai di stasiun bandara.

Setelah mengisi data diri, calon penumpang akan diminta untuk melakukan pembayaran tiket melalui Qris. Tiket nantinya akan keluar melalui mesin dalam bentuk fisik.

4. Pembelian di loket stasiun bandara

Calon penumpang kereta bandara yang baru sampai di Bandara Internasional Soekarno Hatta bisa membeli tiket kereta di loket stasiun bandara.

Pilihan membeli tiket kereta bandara di loket biasanya dilakukan oleh calon penumpang yang tidak sempat membeli tiket secara online.

Baca juga: Rute Kereta Bandara Soekarno-Hatta dan Harga Tiketnya 

Akan tetapi disarankan untuk tidak mengandalkan tiket di loket stasiun bandara saat momen tertentu, seperti momen libur Lebaran, Natal, dan tahun baru. Dikhawatirkan calon penumpang akan mengantri lama karena jumlah pembeli yang ramai.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com