Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fakta Masjid Istiqlal Osaka, Dekat Destinasi Wisata Populer 

Kompas.com - 07/03/2023, 17:08 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin baru saja meresmikan Masjid Istiqlal Osaka di Osaka, Jepang pada Senin (6/3/2023) kemarin. Masjid Istiqlal Osaka merupakan masjid yang didirikan oleh masyarakat Indonesia di Jepang.

"Alhamdulillah, saya sungguh berbahagia menyaksikan Masjid Istiqlal Osaka, sebagai masjid kebanggaan kita semua, masjid pertama dan terbesar di Jepang yang dibangun oleh masyarakat Indonesia," kata Ma'ruf Amin, dikutip dari siaran pers Sekretariat Wakil Presiden, Selasa (7/3/2023).

Baca juga: Tokyo dan Osaka Jadi Destinasi Favorit di Japan Travel Fair 2023

Baca juga: Serunya Keliling Osaka Naik Bus Amfibi, Menyusuri Sungai Okawa

Tak hanya sebagai tempat ibadah, Wapres mendorong agar Masjid Istiqlal Osaka menjadi pusat pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, serta kegiatan dakwah Islam.

Berada di negeri dengan mayoritas penduduk non muslim, ada berbagai fakta menarik mengenai Masjid Istiqlal Osaka.

Baca juga: 9 Aktivitas Wajib saat Berlibur ke Osaka Jepang

Wakil Presiden Ma'ruf Amin meresmikan Masjid Istiqlal Osaka yang didirikan oleh masyarakat Indonesia di Jepang, Senin (6/3/2023).Dokumentasi/BPMI Setwapres Wakil Presiden Ma'ruf Amin meresmikan Masjid Istiqlal Osaka yang didirikan oleh masyarakat Indonesia di Jepang, Senin (6/3/2023).

Fakta Masjid Istiqlal Osaka

Berikut sejumlah fakta Masjid Istiqlal Osaka seperti dihimpun Kompas.com dari laman resmi Masjid Istiqlal Osaka dan siaran pers Sekretariat Wakil Presiden

1. Latar belakang pembangunan masjid 

Sejumlah faktor melatarbelakangi pendirian Masjid Istiqlal Osaka. Melansir dari laman resminya, hingga 2020 Kota Osaka hanya memiliki satu masjid yang berada di daerah Nishi Yodogawa.

Namun, lokasi masjid itu jauh dari pusat Kota Osaka dan jalur transportasi. Kondisi inilah yang melatarbelakangi pendirian Masjid Istiqlal Osaka.

Baca juga: Kulineran di Osaka, Serba Murah di Kawasan Ura-Tenma

Di sisi lain, Jepang mulai ramah dan terbiasa dengan muslim. Bahkan, pemerintah Jepang mendorong pelaku sektor pariwisata menyediakan fasilitas ramah  wisatawan muslim seperti restoran halal dan tempat ibadah (prayer room). 

Faktor lainnya adalah populasi muslim Indonesia di wilayah Kansai (meliputi Osaka, Kyoto, Kobe, Nara, Wakayama, Shiga dan Mie) semakin bertambah. Data per November 2017, populasi WNI di wilayah Kansai tercatat sebanyak 5.679 jiwa, dan sekitar 70 persen dari jumlah tersebut adalah muslim.

2. Bangunan masjid dulunya toko sepatu 

Masjid Istiqlal Osaka berada di sebuah bangunan gedung bertingkat di 1-2-10 Nakabiraki Nishinari Ward, Kota Osaka. Gedung tersebut dibeli oleh Yayasan Masjid Indonesia Osaka, kemudian direnovasi menjadi Masjid Istiqlal Osaka.

Sebelum berubah menjadi masjid, gedung tersebut dulunya adalah toko sepatu, berdasarkan informasi dari siaran pers Sekretariat Wakil Presiden. 

Baca juga: Yuk, Coba Belajar Teknik Pedang Samurai di Osaka!

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com