Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Himpang Lima, Ikon Wisata Murah Meriah di Bangka Selatan

Kompas.com - 08/03/2023, 11:23 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jika sedang berada di Pulau Bangka, tepatnya Kabupaten Bangka Selatan dan mencari tempat wisata murah meriah, cobalah mampir ke kawasan Himpang Lima Habang, di pusat Kota Toboali.

Lokasinya yang cukup strategis membuat Himpang Lima disulap jadi tempat nongkrong cantik lewat sentuhan lampu hias di seputaran alun-alun kebanggaan warga Bangka Selatan itu.

Baca juga:

Himpang Lima juga kerap dijadikan lokasi acara hiburan dan dilengkapi penunjang, seperti fasilitas kafe di sekitarnya.

Bahkan, kantor dinas pariwisata pun juga berjejeran dengan kafe-kafe kopi di kawasan itu. 

"Kami buat live music setiap hari, ada kafe juga jadi orang bisa minum, ngopi, beli makan. Kalau mau lihat event itu datanglah ke Himpang Lima," ucap Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Bangka Selatan, Firman saat ditemui Kompas.com di Jakarta Pusat, Selasa (7/3/2023).

Reruntuhan Benteng Toboali di Bangka Selatan.Dok. Wikimedia Commons/Cun Cun Reruntuhan Benteng Toboali di Bangka Selatan.

Selain itu, sekitar 20 meter dari Himpang Lima, kamu bisa menemukan Benteng Toboali. Lalu, persis di belakang area benteng, langsung berhadapan dengan hamparan birunya laut di Pantai Kelisut.

Firman menyebutkan, beberapa pantai lainnya yang dekat dengan lokasi tersebut antara lain Pantai Batu Perahu, Pantai Batu kodok, Batu Belimbing, dan Pantai Nek Aji.

"Di belakang Himpang Lima itu bisa ketemu laut. Kami dekat laut kan karena Bangka Selatan pun di ujung sekali Pulau Bangka," tuturnya.

Baca juga:

Sebagai gambaran, kamu hanya butuh waktu sekitar 10-20 menit saja untuk mengitari kawasan pantai-pantai tersebut, tanpa dipungut biaya apapun, alias gratis. Menyenangkan, bukan?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com