Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Bisa Masuk Kebun Binatang Ragunan Tanpa Daftar Online?

Kompas.com - 08/03/2023, 22:37 WIB
Sania Mashabi,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pengunjung yang ingin berwisata di Taman Margasatwa Ragunan atau Kebun Binatang Ragunan, Jakarta Selatan, kini tidak perlu melakukan pendaftaran secara online (daring).

Kepala Humas Taman Margasatwa Ragunan Wahyudi Bambang mengatakan, pengunjung sudah bisa langsung datang dan membeli tiket di loket yang tersedia.

Baca juga:

"Saat ini masuk Ragunan sudah tidak perlu daftar secara online. Bisa langsung," katanya kepada Kompas.com, Rabu (4/3/2023).

Kendati demikian, untuk bisa masuk ke Kebun Binatang Ragunan, pengunjung wajib menggunakan atau membeli kartu Jakcard. Kartu ini bisa dibeli di loket Kebun Binatang Ragunan dan Monumen Nasional (Monas).

Jakcard ini, kata Wahyudi, merupakan sistem tiket elektronik atau e-ticket sebagai syarat masuk Kebun Binatang Ragunan.

Dikeluarkan oleh Bank DKI, Jakcard adalah kartu pintar prabayar, dikutip dari Kompas.com, Senin (13/6/2022).

Baca juga: 5 Wahana di Kebun Binatang Ragunan, Bisa Keliling Naik Sepeda

Suasana saat harimau benggala bernama Juve berada di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, pada Rabu (21/12/2022).KOMPAS.com/MUHAMMAD NAUFAL Suasana saat harimau benggala bernama Juve berada di Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan, pada Rabu (21/12/2022).

Jika pengunjung membayar kartu seharga Rp 45.000 maka akan mendapat saldo Rp 20.000. Bila membayar seharga Rp 75.000 maka saldonya Rp 50.000.

Harga tiket masuk Kebun Binatang Ragunan mulai Rp 4.000 bagi pengunjung dewasa dan mulai Rp 3.000 bagi pengunjung anak. 

Baca juga: 

Kebun Binatang ini buka dari Selasa hingga Minggu pukul 07.00-16.00 WIB. Setiap hari Senin Kebun Binatang Ragunan tutup untuk pemeliharaan.

Sebagai informasi, dilaporkan oleh Kompas.com, Senin (10/5/2021), sebelumnya wisatawan yang ingin menghabiskan waktu di Kebun Binatang Ragunan wajib melakukan pendaftaran online dan melakukan pembayaran menggunakan Jakcard di loket.

Pada waktu itu, kunjungan pun hanya diperbolehkan bagi wisatawan yang berdomisili di Jakarta dan memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) DKI Jakarta.

Baca juga: Cara Dapatkan JakCard, Syarat Wajib Masuk Kebun Binatang Ragunan

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com