Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Wisata Dekat Parangtritis Selain Pantai, Ada Sunset Point Populer

Kompas.com - 11/03/2023, 16:14 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

 

KOMPAS.com - Pantai Parangtritis merupakan salah satu ikon wisata Yogyakarta. Lokasinya berada di Kalurahan Parangtritis, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta.

Ada beberapa destinasi wisata dekat Parangtritis selain pantai. Obyek wisata tersebut bisa menjadi pilihan wisatawan saat berkunjung ke Parangtritis. 

Baca juga: Harga Tiket dan Jam Buka Terbaru Pantai Parangtritis, Yogyakarta

Baca juga: Rute Alternatif ke Gunungkidul, Bisa Lewat Pantai Parangtritis

Wisata dekat Parangtritis selain pantai

Berikut tempat wisata dekat Parangtritis selain pantai seperti dirangkum Kompas.om.

1. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo, YogyakartaShutterstock Gumuk Pasir Parangkusumo, Yogyakarta

Tak jauh dari Pantai Parangtritis ada gundukan pasir, yakni Gumuk Pasir Parangkusumo. Jaraknya sekitar 700 meter dari Pantai Parangtritis.

Keindahan Gumuk Pasir Parangkusumo sudah terkenal di kalangan wisatawan. Mengutip laman Visiting Jogja, wisata berupa gundukan pasir diklaim hanya ada tiga di Asia Tenggara, yakni di Filipina, Vietnam, dan Gumuk Pasir Parangkusumo.

Baca juga: Daftar Lokasi Prewedding Kaesang-Erina, Ada Gumuk Pasir Parangkusumo

Obyek wisata ini merupakan lokasi favorit untuk pemotretan. Gundukan pasir yang tak beraturan justru membuat penoramanya semakin menarik.

Selain itu, terdapat pohon kaktus dan cemara yang biasa menjadi spot foto. Pengunjung juga bisa mencoba olahraga sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo.

2. Goa Jepang Pundong

Goa Jepang Pundong merupakan peninggalan Jepang saat memasuki wilayah Yogyakarta pada 1942 lalu. Lokasinya berada di Dusun Ngerco, Desa Girijati, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul Regency.

Lokasi Goa Jepang berjarak sekitar 4,8 kilometer (km) dari Pantai Parangtritis. 

Mengutip laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, saat menduduki Yogyakarta, tentara Jepang banyak membangun daerah pertahanan, baik di daerah pegunungan (Kaliurang), daerah pesisir (Parangtritis), dan daerah strategis lainnya.

Baca juga: 5 Hotel Dekat Pantai Parangtritis Yogyakarta, Harga Mulai Rp 150.000-an

Khusus di daerah pesisir Yogyakarta, fasilitas perlindungan dan pertahanan yang dibangun tentara Jepang berupa goa yang kini disebut Goa Jepang.

Bangunan Goa Jepang dibuat dari bahan dasar beton dilengkapi dengan pintu kayu. Adapun luas seluruh Goa Jepang sekitar 12 hektar.

3. Puncak Kayangan

Melihat panorama sunset ternyata tidak melulu dari pantai. Wisatawan bisa menyaksikan panorama sunset pantai selatan di Puncak Kayangan.

Mengutip Tribun Jogja, Puncak Kayangan berupa bukit dengan latar belakang pantai selatan. Obyek wisata ini merupakan salah satu lokasi favorit melihat sunset selain pantai.

Baca juga: Dinas Pariwisata Bantul Gagas Wisata Malam di Parangtritis

Lokasinya berada di Seloharjo, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, atau sekitar 4,9 km dari Pantai Parangtritis. Para pengunjung harus mendaki untuk mencapai puncak bukit yang berada dalam satu area dengan Goa Jepang Pundong ini.

Tak hanya menawarkan keindahan alam saja, Puncak Kayangan juga menawarkan spot foto seperti bentuk bunga, bulan sabit, dan kuda lumping.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com