Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Tempat Wisata Parangtritis dan Sekitarnya, Bukan Cuma Pantai

Kompas.com - 12/03/2023, 20:03 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

 

KOMPAS.com - Parangtritis merupakan desa di Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang memiliki sejumlah obyek wisata menarik. 

Salah satu tempat wisata populer di Parangtritis adalah Pantai Parangtritis. Tidak hanya Pantai Parangtritis, Desa Parangtritis memiliki beragam destinasi wisata seperti goa, bukit, hingga pusat kuliner seafood.

Baca juga: Harga Tiket dan Jam Buka Terbaru Pantai Parangtritis, Yogyakarta

Baca juga: 5 Hotel Dekat Pantai Parangtritis Yogyakarta, Harga Mulai Rp 150.000-an

Berikut tempat wisata Parangtritis dan sekitarnya seperti dihimpun Kompas.com.

1. Pantai Depok 

Pantai Depok di Kabupaten Bantul, YogyakartaDok. Visiting Jogja Pantai Depok di Kabupaten Bantul, Yogyakarta

Pantai Depok merupakan destinasi wisata yang terkenal dengan kuliner seafood, seperti dikutip dari Bantulpedia. Tersedia sejumlah warung makan tradisional yang menjajakan seafood tidak jauh dari lokasi pantai.

Sambil menikmati hidangan laut, pengunjung bisa melihat pemandangan laut lepas. Wisatawan juga bisa membeli ikan segar dari Tempat Pelelangan Ikan (TPI).

Lokasi Pantai Depok di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul. Jaraknya dari Pantai Parangtritis sekitar 3,9 kilometer (km) atau 11 menit berkendara. 

2.  Laguna View

Laguna View di Pantai Depok, Kabupaten Bantul, YogyakartaDok. Pemerintah Kabupaten Bantul Laguna View di Pantai Depok, Kabupaten Bantul, Yogyakarta

Masih di kawasan Pantai Depok, ada obyek wisata baru yakni Laguna View. Destinasi wisata ini baru diresmikan pada April 2022 lalu.

Mengutip Tribun Jogja, dari lokasi wisata ini, pengunjung dapat menikmati keindahan Sungai Opak dan Jembatan Kretek 2. Laguna View menambah daya tarik kawasan Pantai Depok yang terkenal dengan kuliner seafood.

Lokasinya juga tidak jauh dari Pantai Parangtritis, sekitar 4,6 km dengan waktu tempuh 12 menit.

Baca juga: Rute ke Gumuk Pasir Parangkusumo, Sebelah Pantai Parangtritis

3. Gumuk Pasir Parangkusumo

Gumuk Pasir Parangkusumo, YogyakartaShutterstock Gumuk Pasir Parangkusumo, Yogyakarta

Obyek wisata yang satu ini sudah populer di kalangan wisatawan yaitu Gumuk Pasir Parangkusumo. Jaraknya sekitar 700 meter dari Pantai Parangtritis. 

Mengutip laman Visiting Jogja, wisata berupa gundukan pasir diklaim hanya ada tiga di Asia Tenggara, yakni di Filipina, Vietnam, dan Gumuk Pasir Parangkusumo.

Obyek wisata ini merupakan lokasi favorit untuk pemotretan pre wedding, salah satunya adalah pasangan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono. Daya tarik Gumuk Pasir Parangkusumo adalah gundukan pasir serta pohon kaktus dan cemara di tengahnya.

Selain berfoto, pengunjung juga bisa mencoba olahraga ekstrem, sandboarding di Gumuk Pasir Parangkusumo.

4. Pantai Pelangi 

Pantai Pelangi memang belum setenar Pantai Parangtritis maupun Pantai Depok. Namun, pesona Pantai Pelangi tidak kalah menariknya dari kedua pantai tersebut.

Pantai Pelangi memiliki ombak yang cenderung landai sehingga aman bagi wisatawan. Terdapat batuan karang di sekeliling pantai yang menambah pesonanya.

Lokasi Pantai Pelangi sederet dengan Pantai Parangtritis, dengan jarak sekitar 2 km atau enam menit berkendara.

Baca juga: Parangtritis, Tempat Mistis dan Pemandangan Laut yang Spektakuler

5. Pantai Parang Endog

 Pantai Parang Endog di Kabupaten Bantul, YogyakartaDok. Visiting Jogja Pantai Parang Endog di Kabupaten Bantul, Yogyakarta

Belum banyak wisatawan mengetahui bahwa Pantai Parang Endog bersebelahan dengan Pantai Parangtritis. Mengutip dari laman Visiting Jogja, pantai ini berada tepat di sebelah timur Pantai Parangtritis.

Pantai Parang Endog dikelilingi perbukitan hijau yang menjorok ke laut. Wisatawan akan menemui banyak batu karang berukuran besar berbentuk telur. Oleh sebab itu pantai ini dinamakan endog dalam bahasa Jawa, yang berarti telur.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com