Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tempat Lahir Lisa Blackpink, Mari Mengenal Buriram

Kompas.com - 12/03/2023, 21:31 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Grup band asal Korea Blackpink menjadi topik perbincangan yang hangat di Indonesia saat ini karena menggelar konser di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta sejak Sabtu (11/3/2023).

Grup band Blackpink terdiri dari empat orang personel, yaitu Lalisa Manoban, Jennie Kim, Jisoo, dan Rose.

Baca juga:

Menariknya, salah satu personil Blackpink, yakni Lisa, bukanlah orang Korea Selatan. Melainkan berasal dari desa kecil di Thailand bernama Distrik Satuek, Provinsi Buriram.

Buriram ialah ibu kota Provinsi Buriram, lokasinya berjarak sekitar 410 kilometer dari Kota Bangkok, Thailand. 

Punya patung Buddha besar

Dikutip dari laman Tourism Thailand, di Distrik Satuek, Buriram, terdapat patung Buddha besar yang keberadaannya cukup dihormati oleh masyarakat maupun pendatang.

Patung Buddha besar di Buriram. Thailand.Dok. www.tourismthailand.org Patung Buddha besar di Buriram. Thailand.

Patung Buddha ini disebut juga dengan Phra Phuttharup PAtima Santayaphirom Satuek Udom Ratnimitmumin.

Lokasinya ada di Taman Chaloem Phra, di tepi Sungai Mun, di seberang Kantor Distrik Satuek. Lokasi patung berjarak sekitar 42 kilometer dari Kota Buriram.

Baca juga:

Biasaya saat masyarakat Satuek mengadakan kegiatan festival balap perahu panjang, masyarakat yang datang ke Satuek akan menyempatkan diri sejenak mampir ke patung tersebut untuk memberikan penghormatan.

Tuan rumah ajang balapan dunia

Para pencinta ajang balapan tentunya sudah tidak asing dengan nama Buriram, karena Buriram merupakan tuan rumah ajang balapan dunia Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) seri keempat.

Chang international circuit, di Buriram, Thailand.Dok. Shutterstock/ Mooinblack Chang international circuit, di Buriram, Thailand.

Dikutip dari Kompas.com (3/10/2022), IATC ini berlangsung di Chang International Circuit, Buriram Thailand pada Sabtu (1/10/2022).

Tidak hanya itu, Kompas.com (5/12/2017) memberitakan bahwa Buriram juga menjadi tuan rumah salah satu seri kalender ajang MotoGP 2018 pada 7 Oktober 2018 setelah GP Aragon dan sebelum GP Jepang.

Baca juga:

Lokasi sirkuit balapan tingkat dunia ini berada sekitar 400 kilometer dari Kota Bangkok.  Perjalanan menuju sirkuit ini bisa ditempuh sekitar lima jam melalui jalur darat, atau bisa juga ditempuh sekitar 50 menit menggunakan pesawat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com