Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Itinerary 2 Hari 1 Malam di Kota Bogor, ke Taman hingga Museum

Kompas.com - 13/03/2023, 08:16 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kota Bogor bisa menjadi salah satu destinasi wisata yang cocok untuk berakhir pekan, terutama bagi warga Jakarta dan sekitarnya yang tidak bisa bepergian terlalu jauh. 

Tidak perlu repot, Kota Hujan memiliki beragam tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi selama dua hari satu malam. Mulai dari kafe, museum, kebun raya, taman, lapangan olahraga, hingga warung kuliner khas lokal. 

Baca juga:

Jaraknya pun relatif berdekatan satu sama lain sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk berpindah tempat. Harganya pun relatif murah.

Jika tertarik berlibur di Kota Hujan, berikut ide rencana perjalanan atau itinerary Bogor dua hari satu malam yang bisa jadi alternatif:

Hari pertama

Olahraga atau bersantai di Alun-alun Kota Bogor

Alun-alun Kota Bogor yang berlokasi di Jalan Kapten MuslihatKOMPAS.COM/RAMDHAN TRIYADI BEMPAH Alun-alun Kota Bogor yang berlokasi di Jalan Kapten Muslihat

Saat tiba di Stasiun Bogor pada pagi hari, kamu bisa berjalan ke Alun-alun Kota Bogor yang berada persis di depan stasiun.

Tinggal berjalan kaki sedikit, sudah terlihat area seluas 1,7 hektar yang dibangun di bekas lahan Taman Ade Irma Suryani atau Taman Topi.

Fasilitas di taman ini cukup lengkap. Ada beberapa zona yang bisa dinikmati yakni Zona Botani untuk relaksasi, Zona Olahraga untuk rekreasi dan olahraga, Zona Plaza untuk kegiatan edukasi atau kesenian, dan Zona Religi yaitu Masjid Agung.

Kamu dapat melakukan berbagai aktivitas di taman ini khususnya pada pagi hari, seperti jalan santai sambil menghirup udara segar, duduk-duduk di taman, berolahraga ringan, atau berfoto.

Baca juga: 7 Aktivitas di Alun-alun Kota Bogor dan Sekitarnya, Rekreasi sampai Kulineran

Cari tahu sejarah Indonesia di Museum PETA

Museum PETA di Jalan Jenderal Sudirman, Bogor.Kompas/Raditya Helabumi Museum PETA di Jalan Jenderal Sudirman, Bogor.

Sekitar pukul 10.00 WIB, saatnya melanjutkan perjalanan ke Museum PETA yang berjarak sekitar 1,5 kilometer (km) dari alun-alun.

Jika berjalan kaki, kamu membutuhkan waktu sekitar 19 menit. Kalau ingin lebih praktis dan murah, bisa naik angkutan umum (angkot) 16 (Salabenda) berdurasi sekitar 19 menit atau ojek online (daring) sekitar empat menit perjalanan.

Bangunan Museum PETA sudah didirikan dari tahun 1745, dan sebelumnya adalah bekas tempat tentara KNIL.

Baca juga: 7 Tempat Wisata Dekat Stasiun Bogor, Ada Banyak Taman dan Museum

Banyak sekali peninggalan sejarah yang bisa dilihat, antara lain relief atau monumen tentang tentara PETA dan terjadinya pertempuran melawan penjajah, patung, perlengkapan perang, meriam, serta senjata lainnya.

Jika ingin berkunjung, alamatnya ada di Jalan Jendral Sudirman Nomor 35, Pabaton, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat.

Jadwal buka museum ini mulai pukul 08.00 WIB hingga 17.00 WIB Senin sampai Jumat. Sabtu buka pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB, sedangkan Minggu bisa dikunjungi mulai pukul 10.00 sampai 17.00 WIB.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com