Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/03/2023, 20:02 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Bandung memiliki beberapa desa wisata yang bisa menjadi alternatif destinasi liburan. Saat berkunjung ke desa wisata, wisatawan bisa menyaksikan dan merasakan kearifan lokal destinasi tujuan.

Mulai dari adat istiadat, wisata alam, wisata budaya, makanan dan minuman khas, kerajinan tangan, dan sebagainya.

Baca juga: Glamping di Ranca Upas Bandung, Segini Biayanya

Baca juga: Cara Naik Kereta Panoramic Keberangkatan Bandung dan Surabaya Gubeng

Berikut sejumlah desa wisata di Bandung, mencakup Kota Bandung dan Kabupaten Bandung, seperti dihimpun dari laman Jejaring Desa Wisata (Jadesta) Kemenparekraf.

1. Kampung Wisata Binong

Kampung Wisata Binong berada di Kelurahan Binong, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung. Desa wisata ini memiliki beberapa atraksi wisata meliputi, wisata merajut Kampoeng Radjoet, wisata kuliner teh telang, wisata budaya pencak silat, wisata edukasi pembuatan alat musik waditra Sunda, dan lainnya.

Wisatawan bisa menemukan fasilitas homestay di Desa Wisata Binong. Adapun nama binong berasal dari sebuah pohon yaitu pohon binong atau winong yang berarti kuat.

2. Kampung Wisata Kreatif Cigadung 

Kegiatan membatik di Kampung Wisata Kreatif Cigadung, Kota Bandung Dok. Jadesta Kemenparekraf Kegiatan membatik di Kampung Wisata Kreatif Cigadung, Kota Bandung

Desa wisata Cigadung merupakan kawasan wisata kreatif dan seni budaya dengan konsep pariwisata berbasis masyarakat (community based tourism).

Beberapa potensi wisata di Kampung Wisata Kreatif Cigadung seperti sektor fesyen, kerajinan atau kriya, kuliner, batik, dan seni budaya.

Adapula wisata alam Rancakalong, yaitu kolam renang yang menyuguhkan pemandangan sawah, kebun, dan curug serta memiliki saung serbaguna dan kolam ikan. Lokasinya berada di Keluarahan Cigadung, Kecamatan Cibeunying Kaler, Kota Bandung. 

3. Kampung Cibunut Berwarna

Kampung Cibunut Berwarna merupakan kawasan bebas sampah. Keunikan desa wisata ini adalah area perkampungan yang dihiasi dengan mural dan lukisan warna-warni pada dinding rumah atau bangunan lainnya.

Lokasinya berada di Desa Cibunut, Kelurahan Kebon Pisang, Kota Bandung.

Baca juga: Piknik Bareng Alpaka di Tangkal Pinus Bandung, Segini Tarifnya

Baca juga: 13 Wisata Instagramable Bandung, Banyak Tempat Foto Seperti di Eropa

4. Desa Wisata Alamendah 

Kegiatan wisata alam di Desa Wisata Alamendah, Kabupaten BandungDok. Jadesta Kemenparekraf Kegiatan wisata alam di Desa Wisata Alamendah, Kabupaten Bandung

Desa Wisata Alamendah menawarkan paket wisata yang memanfaatkan potensi desa. Aktivitas dalam paket wisata itu meliputi  bertani, pemerahan susu, membuat olahan makanan dan souvenir UMKM, dan berlatih pencak silat.

Wisatawan juga bisa menyaksikan pertunjukkan seni karinding, mempelajari pengolahan kopi, hingga bersepeda keliling kampung. Lokasinya berada di Desa Alamendah, Ciwidey, Rancabali, Kabupaten Bandung.

5. Desa Wisata Baros

Glamping tradisional di Desa Wisata Baros, Kabupaten BandungDok. Jadesta Kemenparekraf Glamping tradisional di Desa Wisata Baros, Kabupaten Bandung

Dewa Wisata Baros memiliki beberapa atraksi wisata, antara lain hutan pinus Megatutupan, kolam renang, camping ground, saung keluarga, aneka sanggar seni, dan lainnya.

Area wisata Baros juga menyediakan beragam wahana permainan, seperti arung jeram, arena bermain air di sungai, kolam tradisional, taman kelinci, motor trail mini, ayunan ekstrem, kereta mini, dan sebagainya.

Desa wisata ini juga memiliki fasilitas umum seperti gedung serbaguna, homestay, glamping tradisional, area parkir, mushola, toilet, dan lainnya. Lokasinya berada di Desa Baros, Kecamatan Arjasari, Kabupaten Bandung.

 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com