Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasar Kangen 2023 Bakal Digelar di Mapolda DIY, Ada Pameran Lukisan

Kompas.com - 16/03/2023, 13:31 WIB
Wijaya Kusuma,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Markas Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan "disulap" menjadi tempat pameran lukisan.

Tak hanya itu, halaman Mapolda DI Yogyakarta juga akan menjadi lokasi Pasar Kangen dengan tenant yang menyajikan berbagai makanan tradisional Nusantara.

Kegiatan yang digelar untuk mengawali bulan suci Ramadhan dan dibuka untuk masyarakat umum ini diberi tajuk "Pasar Kangen Wiwitan Pasa tahun 2023".

Baca juga:

Wakapolda DIY Brigjen Pol Raden Slamet Santoso mengatakan, Pasar Kangen Wiwitan Pasa 2023 yang akan digelar 17-19 Maret 2023 menjadi sebuah tradisi baru.

"Di mana Wiwitan Pasa ini disiapkan, dirancang sebagai ikhtiar kita untuk mengawali Bulan Suci Ramadhan 2023," ujar Slamet dalam jumpa pers di Mapolda DIY, Yogyakarta, Rabu (15/03/2023).

Slamet Santoso menyampaikan, acara ini akan memadukan religiusitas dengan kesenian, serta gerakan ekonomi kerakyatan yang bernama "Pasar Kangen".

Wiwitan Pasa turut digelar sebagai bukti keistimewaan Yogyakarta serta sebagai wahana membangun persaudaraan dan persatuan.

Baca juga:

Ada pameran hingga kuliner tradisional

Pasar Kangen yang digelar di halaman Mapolda DIY ini akan diramaiman oleh 100 tenant yang menyajikan kuliner tradisional Nusantara.

Selain itu, akan digelar pula beragan workshop dan pameran lukisan yang merupakan karya 60 seniman.

Lukisan-lukisan ini akan dipajang di lantai dua dan tiga gedung Mapolda DIY.

Pameran lukisan ini nantinya jufa bakal menggunakan ruangan Kapolda DIY Irjen Pol Suwondo Nainggolan.

"Bapak Kapolda menginginkan di ruang tamu Bapak Kapolda. Sehingga masyarakat juga tahu, oh ruang tamu Bapak Kapolda seperti ini dan sebagainya," urainya.

Baca juga:

Nantinya, akan dilakukan lelang lukisan di lobby Mapolda DIY. Lelang lukisan ini akan dipimpin langsung oleh Kapolda DIY.

Lukisan Hoegeng Iman Santoso turut di pamerkan.

Perupa yang juga sebagai koordinator pameran Jumaldi Alfi mengungkapkan, awalnya para pelukis kaget ketika mendapatkan tawaran untuk pameran di gedung Mapolda DIY.

Wakapolda DIY Brigjen Pol Raden Slamet Santoso saat memotong tumpeng dan memberikan kepada seniman Butet Kartaredjasa dalam jumpa pers Pasar Kangen Wiwitan Pasa 2023 di Mapolda DIY.KOMPAS.COM/YUSTINUS WIJAYA KUSUMA Wakapolda DIY Brigjen Pol Raden Slamet Santoso saat memotong tumpeng dan memberikan kepada seniman Butet Kartaredjasa dalam jumpa pers Pasar Kangen Wiwitan Pasa 2023 di Mapolda DIY.

Tidak hanya karya 60 seniman tersebut, nantinya akan dipajang pula lukisan karya Kapolri ke-5 RI, Hoegeng Iman Santoso.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com