Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Lengkap Wisata ke Pantai Maju PIK, Aturan hingga Tips

Kompas.com - 16/03/2023, 21:01 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Buat kamu yang lagi ada di sekitaran Jakarta dan mencari tempat nongkrong gratis buat berakhir pekan, datang saja ke kawasan Pantai Maju di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara.

Tempat ini terbuka bagi siapa pun, untuk piknik, olahraga, jogging, berswafoto, atau sekadar bersantai menikmati panorama langit sore nan memanjakan mata.

Pantai Maju punya area rerumputan yang cukup luas yang ditumbuhi pepohonan, sehingga suasananya lumayan sejuk, di tengah panasnya cuaca Jakarta Utara.

Baca juga: Pengalaman ke Pantai Maju PIK, Tempat Piknik Gratis di Jakarta Utara

Beberapa pengunjung tampak menggelar tikar mini untuk piknik. Seperti yang dilakukan oleh Elda, yang datang jauh-jauh dari Bogor, Jawa Barat, bersama ketiga temannya, untuk piknik ke area ini. Mereka membawa tikar mini dan kudapan ringan dari rumah.

"Kita niat awalnya mau ke Pantai Pasir Putih, cuma pas lihat tempat ini kebetulan adem, busnya juga cuma sampai sini, ke sana (Pantai Pasir Putih) agak susah transportasinya, ya sudah piknik di sini saja," kata Elda kepada Kompas.com.

Panduan lengkap berkunjung ke Pantai Maju PIK

Nah, jika berencana mampir, berikut panduan lengkap berwisata ke Pantai Maju PIK, Jakarta Utara.

1. Aturan, jam buka, dan tiket masuk

Pantai Maju terbuka bagi siapa saja, dan tidak ada tiket masuk alias gratis. Sedangkan untuk jam buka, area ini buka setiap hari selama 24 jam.

Namun berdasarkan pantauan Kompas.com, pengunjung mulai meninggalkan lokasi usai pukul 20.00 WIB.

Kawasan Pantai Maju, PIK, Jakarta UtaraKompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Kawasan Pantai Maju, PIK, Jakarta Utara

Tidak ada aturan khusus untuk berkunjung ke Pantai Maju, selain diminta menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Sebab, sejumlah satpol PP tampak berjaga di sekitar lokasi untuk mengingatkan pengunjung.

Baca juga: Harga Tiket Masuk Pantai Maju PIK, Tempat Healing Murah di Jakarta

Kemudian bagi kamu yang mengajak hewan peliharaan, harus disertai dengan tali belakang (leash) serta tidak membiarkannya buang kotoran sembarangan, sebagaimana tercantum di papan aturan masuk.

2. Rute KRL dan TransJakarta ke Pantai Maju

Akses menuju Pantai Maju terbilang gampang. Kamu hanya perlu naik KRL Commuter Line ke Stasiun Jakarta Kota, lalu berjalan sedikit ke Halte Jakarta Kota yang ada di depan stasiun.

Baca juga: Naik KRL dan TransJakarta ke Pantai Maju PIK, Catat Caranya

Barulah melanjutkan perjalanan dengan bus TransJakarta koridor 1A (Balaikota-Pantai Maju). Setibanya di halte pemberhentian terakhir yakni Halte Pantai Maju, tinggal berjalan kaki sekitar 15 meter untuk masuk ke kawasan Pantai Maju.

3. Tips main ke Pantai Maju

Pertama, datanglah pada sore hari, agar tidak begitu terik dan langit pun sudah teduh. Kamu juga bisa mendapat panorama langit sore yang memanjakan mata.

Foto-foto di Pantai Maju PIK Jakarta UtaraKompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Foto-foto di Pantai Maju PIK Jakarta Utara

Berikutnya, buat kamu yang ingin menghabiskan waktu di tempat ini untuk beberapa jam, bawalah air minum dan kudapan ringan dari rumah.

Sebab, sejauh mata memandang, tidak ada satu pun tenant makanan dan minuman di sekitar area Pantai Maju.

Baca juga: 5 Tips Wisata ke Pantai Maju PIK, Bawa Camilan

Terakhir, jangan datang ke sini saat musim hujan karena rerumputan tentunya akan basah dan tidak bisa diduduki dengan nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com