Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Kecele, Wisata Candi Prambanan Tutup 22 Maret 2023 Saat Nyepi

Kompas.com - 19/03/2023, 11:11 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWC) akan melakukan penutupan wisata Candi Prambanan untuk kunjungan umum selama 24 jam.

Penutupan akan dilakukan pada Rabu (22/3/2023) pukul 06.00 WIB sampai dengan keesokan harinya, Kamis (23/3/2023) pukul 06.00 WIB.

"Hal ini dilakukan sebagai wujud penghormatan kepada seluruh Umat Hindu, yang merayakan Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1945 di kawasan Candi Prambanan," kata Direktur Utama TWC Febrina Intan, dalam rilis yang diterima Kompas.com, Minggu (19/3/2023). 

Baca juga:

Ia menjelaskan bahwa TWC sebagai Indonesia Heritage Management berkomitmen penuh dalam pengelolaan destinasi heritage and culture yang berkualitas dan berkelanjutan.

Candi Prambanan juga untuk tujuan spiritual

Terdapat empat pilar pengelolaan destinasi wisata yang dilakukan oleh TWC, yaitu Edukasi, Konservasi, Spiritual, dan Pariwisata.

''Spiritual merupakan salah satu pilar pengelolaan destinasi Taman Wisata Candi Prambanan. Tentunya kami mendukung kegiatan keagamaan dan nilai spiritual bagi kepentingan Umat Hindu, di antaranya peringatan Hari Raya Nyepi di kawasan Candi Prambanan," imbuhnya. 

Relief di Candi Prambanan.SHUTTERSTOCKJOHAN WAHYUDI Relief di Candi Prambanan.

Lebih lanjut, kata dia, hal ini merupakan aksi nyata TWC terhadap program pemerintah yang telah disepakati bersama dan tertuang dalam MoU.

MoU tersebut disepakati antara Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset & Teknologi, Kementerian BUMN, Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif, Pemerintah Daerah DIY, dan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Baca juga: 4 Makna Hari Raya Nyepi bagi Umat Hindu

"Isinya tentang Pemanfaatan Candi Prambanan untuk kepentingan Umat Hindu Indonesia dan Dunia," tutur Febrina Intan.

Harga dan cara beli tiket wisata Candi Prambanan

Untuk diketahui, Candi Prambanan tetap beroperasi seperti biasa pada tanggal 19, 20, dan 21 Maret 2023. Kunjungan juga dapat kembali dilakukan pada 23 Maret 2023. 

"Untuk tanggal 19, 20, dan 21 tetap buka ya," ujar akun Instagram resmi Candi Prambanan (@prambananpark), Sabtu (18/3/2023). 

Baca juga: 5 Tempat Wisata Sekitar Candi Prambanan, Cocok untuk Libur Akhir Tahun

Adapun harga tiket masuk untuk Wisatawan Nusantara Dewasa adalah Rp 50.000, sedangkan anak-anak (usia 3-10 tahun) Rp 25.000. Untuk anak dengan usia di bawah 3 tahun, masih bebas tiket masuk. 

Pembelian tiket bisa dilakukan di loket offline (di tempat) maupun secara online melalui laman ticket.borobudurpark.com. 

Halaman Berikutnya
Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com