Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 20/03/2023, 09:55 WIB
Sania Mashabi,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada pameran seni baru di Artina Sarinah, Jakarta Pusat. Pameran itu bertajuk Matrajiva. Dalam pameran itu, setidaknya ada kurang lebih 50 karya seni mulai dari seni rupa, arsitektur, film hingga musik.

Baca juga: 4 Tips Datang ke Pameran Seni di Artina Sarinah, Pesan Tiket Online

"Kami (Artina) mengusung tema matrajiva yang sebenernya isinya kurang lebih menceritakan atau mengangkat tentang spiritualitas dan religiusitas," kata Project Director Artina Sarinah, Morine Rociana kepada Kompas.com, Kamis (16/3/2023).

Pameran Artina di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (18/3/2023)KOMPAS.com/SANIAMASHABI Pameran Artina di Gedung Sarinah, Jakarta Pusat, Kamis (18/3/2023)

Adapun pameran Matrajiva berlangsung di sejak 4 Maret hingga 31 Mei 2023 tepatnya di Lantai 6 Gedung Sarinah, mulai dari pukul 10.00 hingga 21.00 WIB.

Baca juga: Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Main ke Pameran Seni di Artina Sarinah

Pengunjung yang ingin masuk pameran akan dikenakan biaya Rp 50.000 per orang baik hari biasa ataupun akhir pekan, sedangkan anak di bawah usia 3 tahun gratis.

Rute ke Artina Sarinah

Jika ingin ke pameran Matrajiva di Artina Sarinah bisa langsung datang ke Gedung Sarinah di Jalan M.H Thamrin Nomor 11, Gondangdia, Menteng, Jakarta Pusat menggunakan transportasi umum atau kendaraan pribadi.

Naik transportasi umum

Apabila ingin naik kendaraan umum seperti kereta rel listrik (KRL) dari arah Bogor atau Depok bisa langsung naik kereta jurusan Jakarta-Kota.

Kemudian turun di Stasiun Gondangdia dan lanjut berjalan kaki sejauh 1 km atau selama kurang lebih 15 menit.

Baca juga: Tiket Masuk dan Jam Buka Pameran Seni Matrajiva di Artina Sarinah

Sementara bagi pengunjung dari arah Bekasi atau Tangerang bisa transit ke Stasiun Manggarai, kemudian lanjut naik kereta jurusan Jakarta-Kota.

Lalu turun di Stasiun Gondangdia dan berjalan kaki sejauh 1 km atau selama kurang lebih 15 menit.

Naik kendaraan pribadi

Sementara jika naik kendaraan pribadi, dari arah Tol Jagorawi bisa langsung ambil jalur menuju Tol Cililitan 2 sejauh 26 km. Sesampaikan di area Tol Cililitan 2 lalu lurus terus sejauh 3,3 km untuk keluar di exit Tol Rawamangun.

Baca juga: Pameran Blackpink di Senayan Park, Simak Panduan dan Tips Berkunjung

Dari exit Tol Rawamangun lurus terus sejauh kurang lebih 1 km untuk menuju Jalan Jenderal Ahmad Yani, kemudian lurus lagi sejauh 3 km menuju Pramuka Barat.

Lalu ambil jalur kiri dan terus lurus sejauh 1,2 km hingga sampai di Jalan Pramuka kemudian belok ke kiri ke arah Jalan Salemba Raya.

Selanjutnya lurus lagi sejauh kurang lebi 3 km hingga bertemu Pasar Buku Kwitang di sebelah kiri jalan kemudian belok kiri.

Baca juga: Pengalaman ke Pameran Blackpink Pertama di Jakarta, Lihat Kostum Asli

Kemudian ambil jalur kiri dan lurus lagi sejauh 1,5 km hingga bertemu Tugu Tani di sebelah kanan jalan lalu belok ke kiri.

Setelah belok kiri, lurus lagi sejauh 1 km tidak jauh dari Gedung Joang 45 belok ke kanan dan lurus lagi sejaub kurang lebih 2 km hingga bertemu restoran Tesate Sam Ratulangi di sebelah kiri jalan kemudian belok kanan.

Baca juga: Pameran Furnitur Berkelas Internasional di Jepara Resmi dibuka

Lalu lurus lagi sejauh 1 km hingga bertemu Kantor Notaris dan PPAT Aida Amir kemudian belok kanan, lurus sedikit ambil jalur ke kanan.

Kemudian lurus sejauh 2 km lalu belok kanan menuju Jalan K.H Wahid Hasyim lalu lurus lagi sejauh kurang lebih 1 km kemudian belok kiri, lurus sedikit lagi belok ke kanan. Selanjutnya lurus lagi sejauh 500 meter lalu belok ke kiri dan Gedung Sarinah ada di sebelah kiri jalan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com