Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Desa Wisata Komodo dan Coal di Manggarai Barat, NTT Masuk 500 Besar Nominasi ADWI 2023

Kompas.com - 20/03/2023, 10:40 WIB
Nansianus Taris,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Ajang Anugera Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023 telah dimulai. Desa wisata dari seluruh Indonesia pun berlomba untuk jadi yang terbaik, termasuk di Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Hasilnya, sebanyak dua desa wisata di Kabupaten Manggarai Barat masuk nominasi 500 besar desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2023.

Dua desa itu yakni Desa Wisata Komodo di Kecamatan Komodo dan Desa Wisata Coal di Kecamatan Kuwus.

Baca juga: Sehari Berwisata di Kota Borong, Manggarai Timur NTT, Banyak Tempat Menarik

Kepala Bidang Destinasi Pariwisata Manggarai Barat Yohanes Danggur mengungkapkan, sebanyak 17 desa wisata dari Kabupaten Manggarai Barat yang mendaftar dalam ajang ADWI 2023.

"Dari 17 yang daftar, dua yang masuk nominasi 500 besar desa wisata terbaik, yakni Desa Komodo dan Coal," ungkap Yohanes saat dihubungi Kompas.com, Senin (20/3/2023).

Ulangi prestasi tahun 2021

Tahun 2021, kata dia, salah satu Desa Wisata di Manggarai Barat telah monorehkan prestasi yakni Desa Wisata Coal.

"Harapan Kuta, di tahun 2023 ini bisa mendapat penghargaan lagi," katanya.

Foto : Bukit Porong, spot wisata andalan di Desa Wisata Coal, Kecamatan Kuwus, Kabupaten Manggarai BaratDokumen Desa Wisata Coal Foto : Bukit Porong, spot wisata andalan di Desa Wisata Coal, Kecamatan Kuwus, Kabupaten Manggarai Barat

Ia berharap, masuknya dua desa wisata itu menjadi pemacu bagi desa lain agar terus mengembangkan desanya menjadi lebih baik. Sehingga, tahun depan bisa mengikuti ADWI 2024

"Semoga desa lain termotivasi untuk terus berpartisipasi dalam ADWI. Selanjutnya, adanya desa wisata yang produktif dan inovatif dalam meningkatkan ekonomi masyarkat desa dan pariwisata Manggarai Barat," imbuhnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com