Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Wisata Tersembunyi di Ubud, Ada Pura hingga Museum

Kompas.com - 20/03/2023, 12:50 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com -  Ubud merupakan salah satu daerah wisata populer di Bali yang terkenal akan keindahan alam, seni, dan budaya. Banyak tempat wisata Ubud yang populer di kalangan wisatawan.

Namun, adapula tempat wisata tersebunyi di Ubud alias hidden gem yang bisa menjadi pilihan destinasi liburan.

Baca juga: 7 Wisata Gratis di Ubud, Bisa Kunjungi Tempat Populer

Baca juga: 10 Wisata Budaya di Ubud, Bisa Lihat Tari Tradisional Bali

Wisata tersembunyi Ubud

Berikut wisata tersembunyi di Ubud seperti dihimpun Kompas.com

1. Serayu Pot & Terracotta 

Serayu Pot & Terracotta, Ubud Dok. wonderfulimages.kemenparekraf.go.id Serayu Pot & Terracotta, Ubud

Tidak hanya hamparan sawah yang indah, Ubud juga punya wisata seni yang unik. Salah satunya adalah Serayu Pot & Terracotta.

Hidden gem Ubud satu ini wajib dikunjungi wisatawan, khususnya pencinta karya seni unik. Tempat ini tidak hanya menjual kerajinan tangan pot dan terakota, tetapi juga instalasi seni pot dan terakota.

Pengunjung bisa berfoto dengan latar belakang karya seni pot dan terakota berwarna-warni dan unik. Selain itu, wisatawan bisa mengikuti kelas mewarnai pot dan tembikar.

Lokasinya berada di Jalan Gunung Sari Nomor 3, Peliatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar.

2. Campuhan Ridge Walk

Ilustrasi Bali - Bukit Campuhan di Kabupaten Gianyar, Bali.SHUTTERSTOCK/BRESLAVTSEV OLEG Ilustrasi Bali - Bukit Campuhan di Kabupaten Gianyar, Bali.

Campuhan Ridge Walk atau dikenal sebagai Bukit Campuhan ada kawasan perbukitan hijau di Ubud yang terkenal sebagai salah satu spot foto Instagramable. Lokasinya berada di Jalan Bangkiang Sidem, Ubud, Kabupaten Gianyar.

Mengutip Kompas.com (28/12/2016), Campuhan Ridge Walk terletak dalam satu kawasan dengan Pura Gunung Lebah. Wisatawan yang hendak mengunjungi Bukit Campuhan bisa masuk dari gerbang Ibah Villas & Suites, sehingga obyek wisata ini kerap disebut hidden gem.

Pendakian ke puncak bukit memakan waktu sekitar 15-20 menit dengan jalur yang ramah pemula. Waktu terbaik mengunjungi Bukit Campuhan adalah pagi dan senja sehingga wisawatan bisa menyaksikan panorama sunrise dan sunset.

3. Kajeng Rice Field 

Jika kamu ingin menyusuri area sawah di Ubud, maka Kajeng Rice Field bisa menjadi pilihan. Wisatawan akan menjumpai hamparan sawah hijau membentang.

Kajeng Rice Field juga menawarkan pengalaman trekking di tengah hijaunya sawah-sawah milik penduduk setempat. Jika beruntung, wisatawan bisa menjumpai petani lokal yang tengah bercocok tanam.

Namun, untuk mencapai lokasi Kajeng Rice Field, wisatawan harus melewati jalan sempit lantaran lokasinya cukup terpencil. Namun, semua lelah akan terbayar dengan pemandangan hamparan sawah yang segar.

Baca juga: 15 Wisata Ubud Bali dan Sekitarnya, Kaya Akan Budaya dan Alam

Baca juga: Monkey Forest Ubud: Jam Buka, Harga Tiket, dan Aktivitas

4. Bali Bird Walks

Melihat berbagai jenis burung di alam bebas, sembari menikmati panorama alam Ubud adalah pengalaman yang ditawarkan oleh Bali Bird Walks.

Mengutip laman resminya, pengunjung akan diajak berkeliling area Ubud. Sepanjang perjalanan, wisatawan dapat melihat dengan dekat 100 spesies burung di alam bebas. 

Dari 100 spesies burung tersebut, ada 30 jenis yang merupakan spesies endemik Indonesia. Wisata edukasi dan alam ini berlokasi di Jalan Penestanan Kelod, Sayan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar.

5. Desa Wisata Sayan 

Kegiatan di Desa Wisata Sayan, Ubud, BaliDok. Jadesta Kemenparekraf Kegiatan di Desa Wisata Sayan, Ubud, Bali

Desa Wisata Sayan bisa menjadi alternatif wisata di Ubud. Pengunjung bisa menyaksikan dan mengikuti kegiatan masyarakat setempat.

Mengutip Tribun Bali, ada berbagai kegiatan yang bisa diikuti wisatawan seperti tur keliling desa, mencicipi aneka kuliner, dan masih banyak lainnya

Desa Sayan juga menyajikan pemandangan alamnya yang masih asri. Lokasi Desa Wisata Sayan berada di Jalan Raya Sayan, Ubud, Kabupaten Gianyar.

 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com